Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

beasiswa luar negeri, beasiswa kuliah di italia untuk s2, s3, kursus, riset oleh italian government scholarship

INDBeasiswa.com –
Satu lagi beasiswa luar negeri yang ditawarkan secara rutin setiap tahunnya oleh pemerintah negara setempat. ITALIAN GOVERNMENT SCHOLARSHIP, skema beasiswa pemerintah Italia ini ditujukan bagi para pelajar internasional (termasuk Indonesia) yang berminat untuk studi di jenjang S2, S3, kursus bahasa, bahkan melakukan penelitian pada Perguruan Tinggi di Italia.

Beasiswa S2, S3, Kursus & Riset dari Italian Government Scholarship

italian government scholarship beasiswa s2 s3
Italian Government Scholarship: Beasiswa S2, S3, Kursus, dan Riset di Italia

Beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Italia meliputi:
1. Postgraduate University Courses (Master of Science)
Durasi: 1 Oktober 2016 s/d 30 September 2017
Kualifikasi:
Untuk mendaftar program Postgraduate, peserta harus telah menyelesaikan studi minimal jenjang S1 atau setara.

2. Master’s Degree Courses (Level I atau II)
Durasi: 1 Januari s/d 30 September 2017
Kualifikasi:
Untuk pendaftaran, peserta harus memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan pada program S2 yang dipilih. Silahkan menghubungi institusi/perguruan tinggi di Italia yang akan dituju, untuk mendapatkan informasi terkait program S2 yang akan diambil, jadwal penerimaan, dan persyaratan lainnya yang dibutuhkan.

3. PhD Courses
Durasi: 1 Oktober 2016 s/d 30 September 2017
Kualifikasi:
Untuk pendaftaran, peserta harus memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan pada program S3 yang dipilih. Silahkan menghubungi institusi/perguruan tinggi di Italia yang akan dituju, untuk mendapatkan informasi terkait program S3 yang akan diambil, jadwal penerimaan, dan persyaratan lainnya yang dibutuhkan.

4. Specialisation Schools
Durasi: 1 Oktober 2016 s/d 30 September 2017
Kualifikasi:
Untuk pendaftaran, peserta harus memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan pada sekolah yang dipilih. Silahkan menghubungi sekolah di Italia yang akan dituju, untuk mendapatkan informasi terkait program yang akan diambil, jadwal penerimaan, dan persyaratan lainnya yang dibutuhkan. Beasiswa ini tidak meliputi sekolah spesialisasi kedokteran.

5. Research under academic supervision
Durasi: 1 Januari s/d 30 September 2017
Kualifikasi:
Untuk mengikuti beasiswa ini, peserta harus mensubmit proyek penelitian dan LoA (Letter of Acceptance) dari institusi penyedia. Proyek penelitian tersebut harus dilakukan dalam Italian State Education and Research System, termasuk museum publik dan arsip, dan institusi seperti CNR (Consiglio Nazionale delle Ricerche) dan ISS (Istituto Superiore di Sanita).

6. Courses of Higher Education in Art, Music and Dance (AFAM), Scuola Internazionale di  Liuteria di Cremona; Scuola di Alta Formazione e Studio (SAF) of the Istituto Superiore per la Conservazione ed il Restauro (ISCR), and Scuola Nazionale di Cinema

Durasi: 1 Oktober 2016 s/d 30 September 2017
Kualifikasi:
Untuk mendaftar beasiswa ini, peserta minimal telah menyelesaikan sekolah tinggi atau memiliki titel yang memenuhi untuk masuk ke Akademi Seni Rupa atau Konservatori Musik. Silahkan menghubungi institusi di Italia yang akan dituju untuk mendapatkan informasi persyaratan yang dibutuhkan. Daftar institusi AFAM dapat anda lihat pada link berikut: MIUR (Ministry of Education, Universities and Research) webpage.

7. Advanced Courses on Italian language and culture (3 bulan)
Durasi: 1 Januari s/d 30 September 2017
Kualifikasi:
Beasiswa ini ditujukan bagi para peserta yang telah lolos setidaknya satu tes bahasa Italia di negara asal. Pada akhir kursus, peserta diharapkan dapat meraih Level B1 dari tes bahasa Italia (CILS, CELI, PLIDA o IT Roma Tre).

8. Courses for Teachers of Italian as second language (1 bulan)
Durasi: 1 Januari s/d 30 September 2017
Kualifikasi:
Untuk beasiswa jenis ini, peserta harus merupakan guru/pengajar bahasa Italia dibuktikan dengan dokumentasi pengalaman. Beasiswa berdurasi selama satu bulan. Silahkan menghubungi institusi di Italia yang akan dituju untuk mendapatkan informasi lebih detail.

Peserta yang telah mendapatkan beasiswa Italia di tahun sebelumnya juga dapat memperpanjang beasiswanya dengan mendaftar beasiswa di atas guna melanjutkan/menyelesaikan studi selama di Italia.

Umumnya, beasiswa telah meliputi asuransi dan pembiayaan uang kuliah selama masa studi, namun pihak universitas juga dapat menerapkan kebijakan lain. Oleh karena itu, sangat penting bagi tiap peserta untuk menghubungi pihak institusi/universitas yang akan dituju terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi terkait pembiayaan uang kuliah.

Beasiswa hanya diberikan untuk menempuh pendidikan atau penelitian pada institut negeri atau yang diakui secara resmi, meliputi:
РUniversità degli Studi, Sekolah Tinggi dan Politeknik;
– Sekolah Tinggi Seni dan Musik;
– Institut Restorasi;
– Sekolah Nasional Sinematografi;
– Pusat dan laboratorium penelitian, perpustakaan, arsip dan museum yang merupakan bagian dari studi di universitas tempat mahasiswa terdaftar.

Beasiswa tidak dapat diberikan untuk melanjutkan studi yang dilangsungkan di:
– Institusi asing (universitas, akademi, perpustakaan dan sekolah jenis apapun) walaupun berada di wilayah Italia;
– Pusat dan laboratorium penelitian privat yang tidak diakui.

Persyaratan umum:

1. Kemampuan berbahasa Italia
– Kemampuan berbahasa Italia merupakan persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh para peserta dengan menunjukkan Sertifikat Bahasa Italia (CILS B2, CELI 3, PLIDA B2 atau INT.IT Roma Tre) atau tes kecakapan bahasa Italia setara yang dikeluarkan oleh organisasi/sekolah bahasa setempat (Italian Cultural Institute, Dante Alighieri Society, dsb).
– Peserta yang akan mendaftar Advanced Courses on Italian language and culture harus telah menyelesaikan Level A2 bahasa Italia.
– Apabila peserta mendaftar pada program studi yang diajarkan/diadakan dalam bahasa Inggris seluruhnya, maka peserta tidak perlu memenuhi persyaratan bahasa Italia di atas

2. Batas usia
– Kandidat berusia antara 18 s/d 35 tahun
– Untuk peserta Courses for teacher of Italian as second language, berusia maksimal 45 tahun

Untuk pendaftaran beasiswa pemerintah Italia, silahkan mengisi Form Aplikasi secara online pada link berikut: Borse on Line.

Batas waktu pendaftaran untuk tahun 2016 adalah sebelum tanggal 15 April 2016. Proses seleksi akan dilaksanakan pada komite seleksi di negara asal masing-masing.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Italia Government Scholarship, silahkan mengunduh Petunjuk Italian Government Scholarship 2016/17 atau menghubungi kontak berikut:
Istituto Italiano di Cultura Jakarta
JL. Hos Cokroaminoto, 117
Menteng Jakarta Pusat
10310, Jakarta – Indonesia
Phone: 0062 21 3927531/32
Fax: 0062 21 3101661
E-mail: iicjakarta@esteri.it
Facebook: Istituto Italiano di Cultura Jakarta
Twitter: @IICJakarta
Website: www.iicjakarta.esteri.it

Semoga bermanfaat dan silahkan bagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkan.Baca Juga:
Beasiswa VLIR-UOS: Full Scholarship Kuliah S2 dan Training di Belgia
Beasiswa S3 Kuliah di Hong Kong dengan HKPFS
Beasiswa Penuh S1, S2, S3 Luar Negeri oleh Pemerintah Turki (YTB)