Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

university in saudi arabia, universitas di arab saudi, study in saudi arabia, study abroad

INDBeasiswa.com – Arab Saudi, salah satu negara yang menawarkan sistem pendidikan terbaik di Timur Tengah dengan berbagai universitas yang termasuk dalam Top Rank di dunia. Tujuh dari universitas yang terdapat di Arab Saudi mendapatkan ranking 700 besar dalam QS World University Rankings 2015. Seperti di negara-negara lainnya, universitas di Arab Saudi juga menawarkan jenjang pendidikan Sarjana (4 tahun), Master (2 tahun), dan Doktoral (3-4 tahun) secara umum. Para pelajar internasional biasanya diterima pada perguruan tinggi terkemuka, dan pelajar wanita terbatas untuk memilih beberapa universitas dan institusi khusus pelajar wanita.

Top 3 Universitas di Arab Saudi yang Perlu Anda Ketahui

top 3 universitas di arab saudi
Top 3 Universitas di Arab Saudi yang Perlu Anda Ketahui

Seperti yang kita ketahui, dua puluh persen kebutuhan minyak di dunia disediakan oleh Arab Saudi, dan hal ini pulalah yang berdampak kuat pada perdagangan, bisnis, pariwisata, teknologi, transportasi, arsitektur, budaya, dan tentunya pendidikan di negara tersebut. Karena pentingnya sektor minyak pada negara ini, banyak perguruan tinggi di Arab Saudi yang menawarkan program/jurusan pada bidang teknik perminyakan dan gas. Para pelajar yang berminat untuk melanjutkan kerja di negara ini setelah menyelesaikan studi akan menemukan prospek kerja yang menggiurkan pada sektor tersebut.

Berbicara tentang melanjutkan studi di Arab Saudi, kali ini INDBeasiswa telah merangkum Top 3 Universitas di negara tersebut berdasarkan hasil penilaian dari QS World University Tahun 2015:

1. King Fahd University of Petroleum & Minerals (KFUPM)

KFUPM didirikan pada tahun 1963 di Dhahran, salah satu kota penting yang menjadi pusat industri minyak di Arab Saudi. Saat ini, KFUPM telah memiliki lebih dari 7000 pelajar dan hanya dikhususkan untuk pelajar pria saja (terbatas untuk pelajar wanita). KFUPM menempati peringkat ke-199 pada QS World University Rankings 2015 sekaligus peringkat pertama pada QS University Rankings Arab Region 2015. Universitas ini menawarkan berbagai macam program yang meliputi teknik, sains, dan bisnis. Berdasarkan hasil QS World University Rankings by Subject 2015, KFUPM termasuk dalam top ranking 200 terbaik di dunia pada bidang berikut: Ilmu Komputer, Matematika, Penelitian Statistik dan Operasional, Teknik Kimia, Teknik Sipil dan Struktural, Teknik Listrik dan Elektro, serta Teknik Mesin. Untuk mendapatkan informasi beasiswa pada KFUPM bisa dilihat pada link berikut: Beasiswa di KFUPM.

universitas di arab saudi king fahd university
King Fahd University of Petroleum & Minerals

2. King Saud University

Didirikan pada tahun 1957, King Saud University berlokasi di ibukota Riyadh. Berbeda dengan KFUPM, universitas ini menerima pelajar pria dan wanita dengan total 51.000 pelajar seluruhnya yang terdiri dari 1.100 pelajar internasional. King Saud University lebih berfokus pada bidang life sciences dan teknik. Berdasarkan QS World University Rankings by Subject 2015, universitas ini termasuk dalam kategori terbaik di dunia pada bidang: Pertanian dan Kehutanan, Ilmu Biologi, Kimia, Ilmu Komputer, Pendidikan dan Pelatihan, Ilmu Bahasa, Matematika, Kedokteran, Farmasi, Teknik Kimia, Teknik Sipil dan Struktural, Teknik Listrik dan Elektro, serta Teknik Mesin. Sedangkan berdasarkan QS World University Rankings 2015, KFUPM menempati peringkat ke-237 di dunia dan peringkat ke-3 menurut QS University Rankings Arab Region 2015.

universitas di arab saudi king saud university
King Saud University

3. King Abdulaziz University (KAU)

KAU memiliki lebih dari 42.000 pelajar dengan kampus yang terpisah antara pelajar pria dan wanita. Berlokasi di Jeddah dan didirikan pada tahun 1967 dengan arsitek terkenal dari Inggris John Elliot. Pada tahun 2015, KAU mendapatkan top rank dari QS World University Ranking by Subject untuk program Ilmu Komputer, Matematika dan Teknik Mesin. Selain program tersebut, KAU juga menawarkan berbagai macam studi termasuk Seni dan Desain, Humaniora, Sains, Kedokteran, Farmasi, Bisnis, Hukum dan Kedokteran Gigi. KAU menempati peringkat ke-303 pada QS World University Rankings 2015 dan ke-4 pada QS University Rankings Arab Region 2015. Selain menawarkan berbagai macam program Sarjana dan Pascasarjana, KAU juga menawarkan program kuliah jarak jauh. Untuk mendapatkan informasi beasiswa pada KAU bisa dilihat pada link berikut: Beasiswa di King Abdulaziz University.

universitas di arab saudi king abdulaziz university
King Abdulaziz University
Semoga bermanfaat.