Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

beasiswa s2 luar negeri, beasiswa s2 world bank jj/wbgs program, beasiswa s2 jepang, beasiswa s2 australia, beasiswa kuliah amerika, beasiswa s2 inggris, beasiswa s2 belanda, beasiswa s2 prancis, study abroad 
 
INDBeasiswa.com – Salah satu beasiswa S2 luar negeri yang disediakan secara rutin setiap tahunnya adalah skema JOINT JAPAN WORLD BANK GRADUATE SCHOLARSHIP PROGRAM (JJ/WBGSP). Beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Jepang bekerjasama dengan Bank Dunia ini ditujukan bagi pelamar dari negara-negara berkembang (termasuk Indonesia) yang ingin melanjutkan kuliah master (S2) di sejumlah negara seperti Jepang, Australia, Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Prancis, dan negara-negara di kawasan Asia.

Beasiswa S2 Luar Negeri oleh JJ/WBGS Program

beasiswa s2 luar negeri oleh jjwbgsp
Beasiswa S2 Luar Negeri oleh Joint Japan/World Bank Graduate Scholarship Program

Sejak didirikan pada tahun 1987, program ini telah memberikan lebih dari 5.000 beasiswa kepada mahasiswa internasional dari berbagai negara berkembang. Tujuan dari diadakannya program beasiswa JJ/WBGSP adalah untuk menciptakan komunitas profesional bertaraf internasional yang terlatih guna mengembangkan dan memajukan pembangunan ekonomi dan sosial di negara asal. Untuk mendukung tujuan tersebut, bidang studi yang ditawarkan oleh JJ/WBGSP pun berkaitan dengan pembangunan, seperti:
– Pendidikan
– Ekonomi
– Lingkungan dan Sumber Daya Alam
– Kebijakan Publik atau Pengembangan Internasional
– Kesehatan Masyarakat
– Perencanaan Regional atau Kota
– Pertanian
– Populasi
– Pembangunan Pedesaan

 
Pelamar dapat memilih salah satu dari universitas-universitas ternama di berbagai negara yang bekerjasama dengan Program JJ/WBGS, diantaranya adalah:
AgroParisTech-ENGREF, Asian Institute of Technology, Australian National University, Brandeis University, CATIE Centro Agronómico Tropical de Investigación y Enseñanza, CERDI Universite d’Auvergne, Columbia University, Cornell University, Duke University, Harvard University, Hiroshima University, IHS-Institute for Housing and Urban Development Studies, Institute of Social Studies, International University of Japan, Intstitute of Tropical Medicine, Johns Hopkins University, Keio University, Ritsumeikan University, Sciences Po, UNESCO-IHE, Universidad de Chile, Université de Montreal, University of Bradford, University of Chicago, University of London, University of Sussex, dan sejumlah universitas terkemuka lainnya (untuk melihat detail universitas beserta program yang ditawarkan, dapat anda buka pada link berikut: Preferred Programs).

Para kandidat terpilih nantinya akan mendapatkan cakupan pembiayaan sebagai berikut:
– Tiket penerbangan PP Indonesia – Negara Tujuan pada awal dan akhir penerimaan beasiswa. Peserta akan mendapatkan US $500 untuk masing-masing keberangkatan tersebut
– Tanggungan biaya kuliah untuk Program Master selama maksimal 2 (dua) tahun serta asuransi kesehatan yang akan diberikan melalui pihak universitas
– Tunjangan biaya bulanan, termasuk biaya buku (nominal tunjangan bervariasi)
Note: Beasiswa JJ/WBGSP tidak meliputi biaya lain-lain seperti pembiayaan keluarga penerima beasiswa, pelatihan atau kursus tambahan, pelatihan bahasa, biaya perjalanan tambahan selama masa studi, biaya penelitian, materi pendidikan tambahan, perjalanan serta partisipasi dalam seminar atau magang, perlengkapan pendidikan seperti komputer.
 
Persyaratan untuk mengikuti beasiswa kuliah luar negeri oleh JJ/WBGSP adalah sebagai berikut:
1. Merupakan warganegara dari negara-negara anggota World Bank (termasuk Indonesia).

2. Tidak mempunyai kewarganegaraan ganda dengan salah satu negara berkembang.

3. Berusia maksimal 45 tahun saat batas waktu pendaftaran.




4. Mempunyai kondisi kesehatan yang baik.

5. Telah menyelesaikan studi S1 (atau setara) yang didapatkan minimal 3 tahun sebelum batas waktu pendaftaran.

6. Mempunyai pengalaman kerja minimal 3 tahun yang berkaitan dengan pembangunan setelah menyelesaikan studi S1.

7. Telah diterima (unconditional) pada salah satu universitas mitra dari JJ/WBGSP


8. Bukan merupakan staf (termasuk konsultan) atau keluarga dari karyawan Grup Bank Dunia

9. Menyerahkan aplikasi JJ/WBGSP lengkap sebelum batas waktu aplikasi

10. Berkomitmen untuk kembali ke negara asal setelah menyelesaikan masa studi dan menggunakan pengetahuan serta kemampuan pada pembangunan komunitas, wilayah, serta negara asal

Pendaftaran untuk Program JJ/WBGS tahun 2016 akan dibuka pada tanggal 10 Februari 2016 sampai dengan 10 Maret 2016. Terdapat dua cara untuk mengajukan beasiswa S2 Bank Dunia 2016 dari JJ/WBGSP tersebut:
 
Pertama, pelamar mendaftar pada program Master dari universitas mitra JJ/WBGSP. Kemudian pihak universitas akan memberikan daftar pelamar yang direkomendasikan kepada Sekretariat JJ/WBGSP (melalui sistem pemeringkatan). Nantinya hanya pelamar yang direkomendasikan tersebut yang akan diundang oleh pihak JJ/WBGSP untuk mengajukan beasiswa.

Kedua, pelamar mendaftar pada program Master dari universitas mitra JJ/WBGSP serta memenuhi persyaratan dan batas waktu yang telah ditentukan oleh universitas tersebut untuk dapat diterima pada program yang dituju. Pelamar juga secara bersamaan mengajukan aplikasi beasiswa langsung kepada pihak JJ/WBGSP dengan pendaftaran online. Untuk tahun 2016, pendaftaran akan dibuka pada tanggal 10 Februari 2016 pada link berikut: The 2016 Joint Japan World Bank Graduate Program Call.

Untuk cara kedua tersebut, anda harus melengkapi berkas dokumen yang diminta oleh pihak JJ/WBGSP. Apabila dokumen yang anda miliki (seperti ijazah, dll) menggunakan bahasa Indonesia, maka anda dapat menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah. Kemudian unggah pada laman website World Bank di atas. Sebelumnya pelamar dapat membuat akun terlebih dahulu untuk memulai pendaftaran (hanya tersedia saat pendaftaran dibuka).

Untuk berkas dokumen yang dibutuhkan (melalui cara kedua) adalah sebagai berikut:
1. Curriculum vitae terbaru dengan panjang maksimal 2 (dua) halaman

2. Fotocopy bukti keterangan pekerjaan dari pimpinan atau tempat kerja dalam lima tahun terakhir, termasuk tempat kerja saat ini

3. Fotocopy ijazah S1 (atau setara)

4. Fotocopy surat penerimaan dari universitas yang dituju (LoA unconditional), jika ada
Note: Dokumen aplikasi di atas mengacu pada persyaratan tahun lalu. Ada kemungkinan terjadi perubahan untuk Tahun 2016 yang baru dibuka pada tanggal 10 Februari 2016.

Semoga bermanfaat.Baca Juga:
Beasiswa S2 Lainnya
Beasiswa Penuh S2 & S3 oleh TaiwanICDF Scholarship
7 Situs Penyedia Jutaan E-Book Bermanfaat