Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa.com – Masih seputar beasiswa s1 dalam negeri, INDBeasiswa akan membagikan informasi tawaran beasiswa dari salah satu universitas swasta ternama di Indonesia yaitu Universitas Bakrie. Universitas Bakrie dikelola oleh Yayasan Pendidikan Bakrie (YPB) yang berfokus pada pengembangan pendidikan, penelitian, dan pelatihan yang lebih baik di Indonesia. Didirikan pada tahun 2009, Universitas Bakrie mengemban misi untuk mengadakan pendidikan tinggi yang berkualitas serta memiliki kompetensi yang diakui secara nasional maupun internasional.

Beasiswa S1 Jalur Rapor oleh Universitas Bakrie untuk Lulusan SMA/SMK/Sederajat

Beasiswa S1 Jalur Rapor oleh Universitas Bakrie untuk Lulusan SMA/SMK/Sederajat
Beasiswa S1 Jalur Rapor oleh Universitas Bakrie untuk Lulusan SMA/SMK/Sederajat

Dalam proses belajar-mengajarnya, Universitas Bakrie menjalankan metode “Experiential Learning”, sebuah metode pembelajaran bagi mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan merasakan dan terjun langsung dalam dunia bisnis dan korporasi melalui “Real Cases and Real Practices in Real Business Environment” dari para CEO perusahaan Kelompok Usaha Bakrie (KUB) dan pelaku industri handal lainnya. Beberapa metode Experiental Learning yang diterapkan diantaranya berupa simulasi bisnis di dalam kelas, kunjungan langsung ke perusahaan, praktikum di laboratorium, serta mendapatkan pembelajaran dari dosen tamu yang merupakan CEO perusahaan ternama di Indonesia.

Pilihan program Studi S1 yang tersedia di Universitas Bakrie adalah sebagai berikut:
1. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS)
Program Studi:
– Manajemen
– Akuntansi
– Ilmu Komunikasi
– Hubungan Internasional

2. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK)
Program Studi:
– Informatika
– Sistem Informasi
– Teknik Industri
– Teknik Sipil
– Ilmu dan Teknologi Pangan
– Teknik Lingkungan

Untuk mendukung fokus serta visi misinya, Universitas Bakrie memberikan kesempatan kepada putra dan putri terbaik bangsa yang berasal dari SMA/SMK/MA seluruh Indonesia melalui empat skema beasiswa, yaitu:

1. BEASISWA UNGGULAN (Full Scholarship)

Meliputi pembebasan Biaya Sumbangan Prasarana Pendidikan (SPP), Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP), dan Biaya Satuan Kredit Semester (SKS). Adapun program Beasiswa Unggulan hanya ditujukan bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat tahun 2018. Untuk memperoleh Beasiswa Unggulan calon mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti: Ujian Saringan Masuk (USM) Mandiri Universitas Bakrie. Ujian tersebut akan dilaksanakan dalam 3 gelombang yaitu:
Gelombang 1:
– Batas pendaftaran: 9 Februari 2018
– Tanggal Tes: 10 Februari 2018
Gelombang 2:
– Batas pendaftaran: 11 Mei 2018
– Tanggal Tes: 12 Mei 2018
Gelombang 3
– Batas pendaftaran: 6 Juli 2018
– Tanggal Tes: 7 Juli 2018
Lokasi tes akan dilaksanakan langsung di kampus Universitas Bakrie, yaitu Kampus Kuningan kawasan Rasuna Epicentrum Jl.H.R.Rasuna said Kav. C-22.

2. BEASISWA SMK

Beasiswa ini diberikan untuk lulusan SMK tahun 2018. Berlaku untuk semua program studi kecuali Ilmu Komunikasi dan Akuntansi. Berikut skema beasiswa SMK:

  • Bebas Biaya SPP yang dibebankan kepada Mahasiswa Reguler FTIK sebesar Rp 13.000.000,- dan Mahasiswa Reguler FEIS Rp 15.000.000,-
  • Bebas Biaya BPP yang dibebankan kepada Mahasiswa Reguler FTIK Rp 3.000.000,- dan Mahasiswa Reguler FEIS Rp 4.000.000,
  • Diskon Biaya SKS yang dibebankan kepada Mahasiswa Reguler sebesar Rp 350.000,- per SKS. Hanya membayar Rp 300.000,- per SKS

Persyaratan untuk mendapatkan Beasiswa SMK adalah peserta harus mengikuti Seleksi Jalur Rapor (Nilai Rata-rata minimal 70) atau Ujian Saringan Masuk Mandiri Universitas Bakrie. Selain itu pelamar harus merupakan lulusan SMK tahun 2018.

3. BEASISWA GEMILANG

Beasiswa Gemilang diberikan kepada siswa/i SMA dan SMK yang telah mengikuti Ujian Saringan Masuk Mandiri yang diadakan Universitas Bakrie dan lolos dengan skor nilai yang sudah ditentukan oleh universitas atau mengikuti Seleksi Jalur Rapor dengan nilai rata-rata 70. Beasiswa yang diberikan meliputi pembebasan biaya Sumbangan Prasarana Pendidikan (SPP) dan Diskon Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP). Persyaratan Beasiswa Gemilang adalah sebagai berikut:

  • Mengikuti Ujian Saringan Masuk Mandiri yang diadakan oleh Universitas Bakrie dan lolos batas minimal skor untuk Penerima Beasiswa Gemilang yang akan disahkan oleh Rektor Universitas Bakrie.
  • Lolos Saringan Masuk melalui Seleksi Jalur Rapor dengan Nilai Rata-rata 70.
  • Merupakan Lulusan SMA/SMK tahun 2018.

4. BEASISWA CEMERLANG

Beasiswa Cemerlang diberikan kepada siswa/i SMA dan SMK yang telah mengikuti Ujian Saringan Masuk Mandiri yang diadakan Universitas Bakrie dan lolos dengan skor nilai yang sudah ditentukan oleh Universitas atau mengikuti Seleksi Jalur Rapor. Beasiswa ini hanya menanggung pembiayaan Sumbangan Prasarana Pendidikan (SPP). Sedangkan untuk biaya lainnya dikenakan kepada penerima Beasiswa Cemerlang. Persyaratan Beasiswa Cemerlang adalah sebagai berikut:

  • Mengikuti Ujian Saringan Masuk Mandiri yang diadakan oleh Universitas Bakrie dan lolos batas minimal skor untuk Penerima Beasiswa Cemerlang yang akan disahkan oleh Rektor Universitas Bakrie.
  • Merupakan Lulusan SMA/SMK tahun 2018.

Baca Juga:
Beasiswa Penuh S1, S2, dan S3 di China oleh China Government Scholarship (CGS)
5 Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri dengan TOEFL Rendah
Ternyata Kuliah di Inggris dengan Beasiswa Lebih Menguntungkan!

Seperti yang disebutkan pada salah satu skema beasiswa di atas, untuk menjadi calon mahasiswa di Universitas Bakrie juga bisa tanpa melalui ujian masuk, yaitu menggunakan Beasiswa Jalur Rapor. Program ini merupakan program penerimaan mahasiswa baru melalui hasil evaluasi nilai rapor SMA/SMK pada semester I s/d IV dan tidak perlu mengikuti ujian saringan masuk. Adapun peserta yang dapat mengikuti program ini adalah siswa/i lulusan SMA/SMK/MA dengan tahun lulusan 2018. Berikut beberapa alasan keuntungan mengikuti Beasiswa Jalur Rapor:

  • Jalur ini tidak membutuhkan tes dan keputusan penilaian dilakukan berdasarkan evaluasi terhadap nilai rapor SMA
  • Tidak usah menunggu selesai Ujian Nasional dan Ujian Sekolah bisa langsung mendaftar
  • Nilai rata-rata Rapor minimal 70 langsung mendapatkan Beasiswa Gemilang (Potongan Biaya lebih dari 50%)
  • Cukup menyerahkan nilai Rapor SMA/SMK dari Semester I-IV
  • Pendaftarannya sangat mudah, semua bisa dilakukan secara online
  • Kuota Beasiswa Jalur Rapor Terbatas

Tata Cara Pendaftaran:

Untuk mendaftar Beasiswa Jalur Khusus Rapor/Prestasi/SMK, pelamar dapat mendaftarkan diri secara online pada http://usm.bakrie.ac.id. Lengkapi seluruh isian Data Pribadi yang diminta. Batas waktu pendaftaran untuk Gelombang 1 sampai dengan tanggal 23 Desember 2017.

Informasi lebih lanjut mengenai Beasiswa S1 Jalur Rapor Universitas Bakrie dapat menghubungi bagian Admisi Universitas Bakrie pada nomer telp. 021 – 5261448 (extensi 154 atau 175) atau mengunjungi laman resminya pada www.bakrie.ac.id. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.