beasiswa riset teknologi dan sains di india tahun 2016 oleh insa-jrd tata fellowship 

INDBeasiswa.com – Indian National Science Academy, sebuah organisasi ilmiah di India yang mewakili seluruh cabang teknologi dan sains, saat ini menawarkan program beasiswa riset bagi para ilmuwan, peneliti, maupun dosen untuk melakukan penelitian di India. Dalam skema INSA-JRD TATA FELLOWSHIP yang dikoordinasi oleh Centre for International Co-operation in Science (CICS) memiliki tujuan untuk memberikan pelatihan penelitian lanjutan bagi para ilmuwan pada negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

BEASISWA RISET TEKNOLOGI & SAINS DI INDIA

beasiswa riset teknologi sains di india
Beasiswa Riset Teknologi dan Sains di India

Beasiswa riset di India ini berlangsung selama maksimal 3 (tiga) bulan dan meliputi bidang ilmu utama, seperti teknologi, sains, teknik, dan kedokteran yang dapat dilakukan pada lembaga-lembaga penelitian di India.

Setiap tahunnya tersedia 10 kuota beasiswa bagi para kandidat internasional. Nantinya para kandidat terpilih akan mendapatkan fasilitas seperti asrama serta penginapan yang telah terafiliasi oleh institusi, tiket penerbangan dari negara asal ke tempat kerja di India, dan tunjangan yang memadai untuk menutupi biaya insidental (dalam mata uang India). Selain itu, para penerima beasiswa diperbolehkan untuk memilih institusi tuan rumah serta periode beasiswa yang akan diikuti.

Persyaratan untuk mengikuti beasiswa riset teknologi dan sains di India adalah sebagai berikut:

1. Para pelamar telah memiliki gelar Master atau Doktor pada bidang sains, atau gelar yang setara pada bidang kedokteran/teknik dan bidang ilmu yang relevan.

2. Berumur di bawah 45 tahun per tanggal 31 Desember dari tahun seleksi sebelumnya.

3. Telah terafiliasi dengan lembaga akademik atau ilmiah dari negara berkembang (selain dari India).

4. Mempunyai paspor yang masih berlaku.

5. Mendapatkan surat penerimaan dari institusi tuan rumah di India untuk memberikan pelatihan di India di bawah INSA-JRD Tata Fellowship (sesuai dengan format yang berlaku).

Kelengkapan dokumen aplikasi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

1. Curriculum Vitae (CV) yang telah memuat secara lengkap data-data relevan berupa tanggal lahir dan usia, publikasi, minat riset dan pengalaman pemohon, posisi saat ini, penghargaan dan beasiswa, afiliasi ilmiah, dan sebagainya.
2. Laporan singkat yang berisi penjelasan mengenai kegiatan penelitian yang diusulkan.
3. Cetakan ulang dari 5 publikasi terbaik pada 5 tahun terakhir.
4. 2 (Dua) lembar pas foto berukuran paspor.
5. Surat persetujuan dari institusi induk.
6. Copy halaman pertama paspor yang menunjukkan tanggal lahir, tanggal penerbitan, serta tanggal berakhir.
7. Surat penerimaan dari institusi tuan rumah yang terdapat di India (sesuai dengan format di halaman 6 pada Formulir Aplikasi).

Untuk proses pendaftaran, anda dapat melampirkan kelengkapan dokumen aplikasi yang dibutuhkan di atas bersama dengan Formulir Aplikasi yang telah dilengkapi, dalam bentuk softcopy dan ditujukan pada alamat email:

dircics@gmail.com


Dan dikirimkan juga berkas fisiknya melalui pos ke alamat: 

Director, CICS, No. 2, 
Gandhi Mandapam Road, 
Chennai-600 025, India.


Sebagai catatan, aplikasi harus dikirim atau diteruskan oleh otoritas yang berwenang.

Untuk penerimaan aplikasi beasiswa dilakukan dalam 2 periode yaitu paling lambat tanggal 31 Oktober dan 30 April setiap tahunnya. Seluruh aplikasi yang masuk akan diteliti oleh pihak komite seleksi dalam dua periode yaitu pada bulan Mei dan November setiap tahunnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai INSA-JRD TATA FELLOWSHIP dapat merujuk pada link resmi www.cics.tn.nic.in/interfellowships.htm.

Selamat mencoba!
Baca Juga:
Beasiswa S2 ke Jerman 2016 dari KAAD Scholarship
Beasiswa Perancis untuk studi S2 dan S3 oleh Eiffel Scholarship
5 Tips Penting Sukses Menulis Essay Beasiswa