japan scholarship: beasiswa kuliah s2 dan s3 di jepang oleh HISF, honjo international scholarship foundation, beasiswa s2 di luar negeri, beasiswa s2 luar negeri, beasiswa s2 di jepang, beasiswa pascasarjana luar negeri

INDBeasiswa.com – Kemajuan pendidikan di Jepang membuat sebagian besar mahasiswa ingin melanjutkan studi disana. Beberapa beasiswa yang cukup terkenal untuk melanjutkan studi di Jepang seperti Monbukagakusho, The Hitachi Scholarship, dan sebagainya. Ya, memang ada banyak sekali donatur yang siap untuk mendanai studi anda di negara ini. Salah satunya beasiswa dari HONJO INTERNATIONAL SCHOLARSHIP FOUNDATION (HISF). Yayasan HISF menyediakan 15 s/d 20 beasiswa Master dan Doktor bagi para mahasiswa internasional, termasuk yang berasal dari Indonesia. Para peserta dapat memilih program studi apa saja yang disediakan oleh perguruan tinggi di Jepang. 

HISF menawarkan beasiswa pascasarjana di Jepang secara berjenjang berdasarkan lama masa studi dan gelar yang akan diambil. Penawaran tersebut ada 3. Pertama, 200.000 yen per bulan untuk masa tempuh 1 s/d 2 tahun. Kedua, 180.000 yen per bulan untuk masa tempuh 3 tahun. Ketiga, 150.000 yen per bulan untuk masa tempuh 4 s/d 5 tahun. Yayasan tidak akan memberikan perpanjangan durasi beasiswa atau mengijinkan peserta untuk mengubah jurusan kuliahnya. Para peserta yang memilih program kuliah kurang dari satu tahun tidak dapat mendaftar beasiswa ini.

BEASISWA KULIAH S2 DAN S3 DI JEPANG OLEH HISF

beasiswa-kuliah-s2-dan-s3-di-jepang-Honjo-International-Scholarship-for-Foreign-Students
Honjo International Scholarship for Foreign Students

Beberapa pertimbangan dalam proses seleksi adalah prestasi akademik, mempunyai karakter moral teladan, serta dianggap membutuhkan bantuan dana keuangan. Berikut rincian persyaratannya.

Persyaratan untuk mengikuti beasiswa pascasarjana di Jepang oleh HISF:

1. Bukan merupakan warganegara/memiliki kewarganegaraan Jepang
2. Pelamar harus telah terdaftar atau telah diterima pada program pascasarjana di perguruan tinggi Jepang setelah tanggal 1 April 2016. Dapat dibuktikan dengan dokumen berikut: Surat Penerimaan (LoA), Surat Keterangan Pendaftaran, atau surat lainnya yang relevan yang membuktikan bahwa pelamar telah diterima

Baca Juga:

3. Untuk pelamar yang mendaftar pada program S-3 harus lahir setelah tanggal 31 Maret 1980, dan untuk pelamar program S-2 harus lahir setelah tanggal 31 Maret 1985
4. Mempunyai jaminan pekerjaan di negara asal setelah menyelesaikan masa studi di Jepang
5. Aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan pelajar internasional, termasuk kegiatan yang dilaksanakan oleh yayasan serta mengambil bagian dalam jaringan sebagai anggota alumni
6. Menguasai bahasa Jepang dalam percakapan sehari-hari. Untuk sesi wawancara tetap akan dilakukan dalam bahasa Jepang.

Kelengkapan dokumen aplikasi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

1. Formulir aplikasi pendaftaran yang telah dilengkapi. Tempelkan foto anda.
2. Resume
3. Formulir Informasi Pribadi
4. Salinan Transkrip Akademis
5. Rencana penelitian. Empat hal yang harus tercantum adalah:
– Outline penelitian,
– Rencana jadwal studi dari saat ini sampai lulus,
– Rencana dan tujuan masa depan, dan
– Penelitian yang telah/sudah pernah dilakukan (jika ada)
Tidak ada batasan halaman atau gaya penulisan.
6. 1 (satu) surat rekomendasi dari profesor

Baca Juga:

7. Surat keterangan penerimaan sebagai mahasiswa dari kampus atau LoA (Letter of Acceptance)

Note: Formulir untuk poin 1 s/d 3 dapat anda download/unduh disini. Untuk dokumen 1 s/d 3 dan poin 5 ditulis (diketik atau tulis tangan) dengan bahasa Jepang. Untuk poin 4,6, dan 7 dapat menggunakan bahasa Jepang atau Inggris. Apabila dokumen asli menggunakan bahasa lain, harap lampirkan terjemahannya.

Untuk pendaftaran, silahkan masuk pada laman Web Application Form terlebih dahulu dan mengisikan data diri anda secara singkat, untuk mendapatkan Application Number pada beasiswa yang anda apply pada link berikut:

Application Number anda akan dikirimkan secara otomatis melalui alamat email yang telah anda masukkan. Application Number ini akan dibutuhkan saat pengumuman hasil beasiswa. Kemudian lengkapi seluruh berkas aplikasi beasiswa yang telah disebutkan di atas dan masukkan ke dalam amplop berukuran A4. Kirimkan melalui pos ke alamat berikut:

Honjo International Scholarship Foundation
1-14-9, Tomigaya, Shibuya-ku, Tokyo 151-0063
Tel: +81-3-3468-2214 Fax: +81-3-3468-2606 


Untuk hasil seleksi pertama akan diumumkan pada tanggal 31 Januari 2016 melalui laman resmi HISF di http://www.hisf.or.jp. Dilanjutkan dengan sesi wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 15 Februari 2016 di Tokyo. Kemudian pengumuman penerima beasiswa HISF akan diberikan pada pertengahan Maret 2016.

Untuk pertanyaan dan informasi lebih lanjut mengenai beasiswa dari HISF dapat anda sampaikan melalui alamat email: info@hisf.or.jp.

Baca Juga:

Ini Alasan Mengapa Jepang Tepat Sebagai Destinasi Kuliah Luar Negeri untuk Kamu

The Hitachi Scholarship: Beasiswa S3 Luar Negeri di Jepang

Lakukan 7 Hal Berikut untuk Memenangkan Seleksi Beasiswa!

Beasiswa Doktor dari Harvard University 2016

Kuliah di Singapura Gratis dengan Beasiswa SINGA 2016!