INDBeasiswa – Bagi anda yang sedang mencari beasiswa Arab Saudi untuk melanjutkan studi, mungkin dapat mempertimbangkan tawaran yang satu ini. King Abdullah University of Science and Technology (KAUST), Arab Saudi saat ini membuka kesempatan beasiswa kuliah S2 dan S3 di bidang sains maupun teknologi kepada para mahasiswa internasional yang berminat dalam skema KAUST FELLOWSHIP.

Perlu diketahui, KAUST merupakan universitas terbesar dan termegah di kawasan Timur Tengah milik Raja Abdullah. Universitas yang terletak 80 km dari utara kota Jeddah ini hanya memiliki dua jurusan, yaitu Sains dan Teknologi, hal ini dikarenakan misi dari Raja Abdullah saat membangun KAUST adalah untuk menghasilkan lulusan mahasiswa-mahasiswa yang handal dan dapat memajukan ilmu pengetahuan Sains dan Teknologi di kawasan Timur Tengah. 

STUDYING ABROAD : BEASISWA ARAB SAUDI S2 & S3 DI KAUST

Beasiswa Arab Saudi Program S2 - S3 di KAUST
Beasiswa Arab Saudi Program S2 – S3 di KAUST

KAUST FELLOWSHIP memberikan full scholarship dengan cakupan biaya-biaya sebagai berikut:
– Biaya kuliah selama menjalani masa studi di KAUST
– Uang saku untuk mahasiswa Master (S2) sebesar USD 20.000/tahun, dan untuk mahasiswa Doktor (S3) sebesar USD 25.000/tahun. Uang saku untuk mahasiswa S3 tersebut akan naik menjadi USD 30.000/tahun setelah anda lulus ujian kualifikasi, proposal atau kandidat doktoral (PhD)
– Tempat tinggal (apartemen/rumah)
Di dalam apartemen/rumah telah disediakan tempat tidur, lemari pakaian, TV, meja belajar/kerja, internet, AC, kamar mandi dalam, kulkas, microwave, mesin, dan mesin pengering pakaian. Tempat tinggal terdiri dari dua lantai. Lantai 1 untuk ruang tamu, dapur, tempat cuci dan kamar mandi bawah. Sedangkan lantai atas untuk tempat tidur, kamar mandi atas dan ruang kerja. Ada semacam vide untuk melihat langsung lantai 1 dari lantai 2
– Pemeliharaan kesehatan dan gigi (Asuransi kesehatan)
Para penerima beasiswa secara otomatis akan didaftarkan sebagai anggota BUPA (Asuransi kesehatan Saudi) dan dibayar penuh preminya oleh KAUST. Berlaku bagi anda dan keluarga yang mendampingi
– Tiket pesawat pulang-pergi ke Indonesia (atau negara lain) satu kali setiap tahun
– Dukungan relokasi

Selain mendapatkan berbagai fasilitas di atas, anda juga berkesempatan mendapatkan berbagai keuntungan non-materi selama menjalani masa studi di KAUST, yang meliputi:
– Kesempatan untuk melakukan riset dengan para profesor kelas dunia dan berkolaborasi riset dengan perusahaan besar dunia seperti Saudi Aramco, Boeing, Sabic, Schlumberger, serta akses menggunakan fasilitas riset yang mutakhir. Dengan 20 milyar dollar hasil sumbangan dari Raja Abdullah, kampus ini sangat menggiurkan bagi banyak profesor ternama karena renumerasinya yang tinggi disertai dengan fasilitas-fasilitas riset yang mahal
– Bagi mahasiswa Muslim akan berkesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat suci seperti Makkah dan Madinah. KAUST menyediakan layanan bus secara gratis untuk mengunjungi berbagai tempat tersebut bagi yang ingin melaksanakan ibadah umrah dan ziarah di kota Madinah
– Di kampus ini, anda juga dapat berlatih dan menyempurnakan kemampuan bahasa Inggris karena didukung dengan lingkungan hidup yang menggunakan bahasa Inggris (anda tidak diwajibkan harus menggunakan bahasa Arab selama di KAUST)

Persyaratan:

1. Telah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 (bagi pendaftar S2), dan telah menyelesaikan jenjang pendidikan S2 (bagi pendaftar S3).

2. Mampu berbahasa Inggris yang dapat dibuktikan dengan skor tes TOEFL atau IELTS (skor iBT TOEFL minimal 79 atau IELTS minimal 6.0).

3. Disarankan untuk mengambil tes GRE umum (tidak diwajibkan). Hasil tes resmi tersebut akan dikirim langsung oleh ETS kepada bagian penerimaaan KAUST dengan kode 4139. Rata-rata nilai GRE mahasiswa yang diterima adalah 774 dari 800.

Berkas dokumen yang dibutuhkan:

1. Melampirkan Statement of Purpose (Baca: 7 TIPS Sukses Menulis Statement of Purpose Beasiswa)

2. Curriculum Vitae (CV)

3. Salinan resmi ijazah dan transkrip nilai. Transkrip nilai tersebut juga harus disertai/dilampirkan dengan sistem penilaian (grading scale) dari universitas asal. Apabila dokumen resmi menggunakan bahasa Indonesia, silahkan terjemahkan dokumen tersebut ke dalam bahasa Inggris dengan menggunakan Jasa Penerjemah Tersumpah. Salinan resmi artinya fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pihak universitas.

Hasil scan dari transkrip S1 dan/atau S2 kemudian diupload ke sistem aplikasi online. Setelah dinyatakan diterima oleh KAUST, hardcopy salinan resmi transkrip nilai tersebut harus dikirim langsung oleh kampus yang mengeluarkan transkrip ditujukan kepada: 

Office of Admissions 
Graduate Affairs 
Building 9, Suite 4328 
4700 King Abdullah University of Science and Technology 
Thuwal, Jeddah 23955-6900 
Kingdom of Saudi Arabia

4. 3 (tiga) Surat Rekomendasi dari profesor atau pembimbing

5. Salinan skor TOEFL/IELTS

6. Salinan skor GRE (jika ada)

Note: Apabila sebelumnya pelamar pernah meraih gelar dari salah satu universitas terakreditasi di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Irlandia, Australia, atau New Zealand, maka pelamar tidak perlu melampirkan skor tes TOEFL atau IELTS.

Tata Cara Pendaftaran:

Untuk proses pendaftaran, pelamar dapat mendaftarkan diri dengan mengisi Formulir Aplikasi secara online melalui link berikut: Online Application.

Silahkan melengkapi seluruh informasi yang diminta, termasuk username dan password yang akan digunakan untuk login ke laman KAUST nantinya. Kemudian, unggah/upload dokumen aplikasi yang disebutkan di atas (jangan lupa siapkan dokumen tersebut dalam bahasa Inggris). Untuk surat rekomendasi harus diajukan langsung oleh pemberi rekomendasi menggunakan aplikasi yang telah disediakan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai KAUST FELLOWSHIP, dapat anda tanyakan melalui:
Email: admissions@kaust.edu.sa
Laman Resmi: www.kaust.edu.sa
Komunitas Mahasiswa KAUST (Kaustina): kaustina.org

Pendaftaran Beasiswa Arab Saudi 2018 – 2019 oleh KAUST saat ini sedang dibuka. Biasanya deadline berakhir awal Oktober. Silakan mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Juga: 
Top 3 Universitas di Arab Saudi yang Perlu Anda Ketahui 
Full Scholarship: Beasiswa S2 dan S3 Arab Saudi oleh KFUPM
Bisakah S2 dan S3 yang Berbeda Jurusan dengan S1?