INDBeasiswa – Kuliah di China? Wow! Keren kali ya kalau ada beasiswa untuk studi di China! Good news, saat ini terdapat salah satu penawaran beasiswa bagi para kandidat internasional yang ingin kuliah di universitas maupun perguruan tinggi di Provinsi Jiangsu. Jiangsu sendiri merupakan salah satu provinsi yang terletak di Republik Tiongkok China. Program beasiswa ini diberi nama Jasmine Jiangsu Government Scholarship. Beasiswa tersebut akan membiayai studi penuh waktu bagi para mahasiswa berprestasi pada semua jenjang di universitas maupun perguruan tinggi di Jiangsu.

full-beasiswa-kuliah-d3-s1-s2-di-china

Selain itu, beasiswa Pemerintah Jiangsu ini juga dapat diikuti untuk mengambil program non gelar dan kegiatan pertukaran pelajar berdasarkan kerjasama antara pemerintah provinsi Jiangsu dengan pemerintah dari negara lain, perguruan tinggi, lembaga, maupun organisasi internasional.

Saat ini, Pemerintah Jiangsu menyediakan dua jenis beasiswa yaitu Beasiswa Penuh ( Full Scholarship ) dan Beasiswa Parsial ( Partial Scholarship ).

Beasiswa Penuh mencakup biaya berikut :
– Tanggungan biaya kuliah;
– Biaya pendaftaran kuliah;
– Ekspresimen di laboratorium;
– Magang;
– Buku-buku pelajaran dasar;
– Akomodasi berupa asrama di kampus atau tunjangan akomodasi sejumlah CNY 10.000 per tahun;
– Tunjangan hidup sejumlah CNY 1.500 per bulan ( diberikan apabila mendaftar sebelum tgl 15 di bulan pendaftaran, jika lebih dari tgl tersebut tunjangan hidup hanya diberikan setengahnya );
– Asuransi kesehatan komprehensif;
– serta skema perlindungan bagi para mahasiswa internasional saat berada di China.

Beasiswa Parsial mencakup biaya berikut :
– Bantuan biaya pendidikan sejumlah CNY 20.000 untuk jenjang Diploma yang diberikan selama satu tahun akademis, atau
– Bantuan biaya pendidikan sejumlah CNY 30.000 untuk jenjang Sarjana dan Pascasarjana yang diberikan selama satu tahun akademis, atau
– Bantuan biaya pendidikan sejumlah CNY 2.000 per bulan bagi penerima beasiswa program non gelar atau pertukaran pelajar dengan durasi 3 s/d 12 bulan berdasarkan perjanjian.

full-beasiswa-kuliah-di-china-untuk-d3-s1-s2
Sumber : www.studyinjiangsu.org

Persyaratan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
1. Bukan kewarganegaraan China serta mempunyai kondisi kesehatan yang baik.
2. Ketentuan latar belakang pendidikan dan batas usia :
– Untuk program Diploma dan Sarjana harus mempunyai ijazah SMA dengan prestasi akademis yang baik. Usia maksimal 30 tahun.
– Untuk program Master harus mempunyai gelar Sarjana. Usia maksimal 35 tahun.
– Untuk program Doktor harus mempunyai gelar Master. Usia maksimal 40 tahun.
3. Pelamar mampu memenuhi dan mematuhi hukum yang berlaku di RRT ( Republik Rakyat Tiongkok ) dan persyaratan penerimaan dari Perguruan Tinggi atau Universitas tuan rumah.
4. Pelamar mempunyai catatan akademis yang baik.
5. Pelamar tidak menjadi penerima beasiswa lain yang ditawarkan oleh baik Pemerintah China, Pemerintah Daerah, maupun Organisasi lainnya dalam jangka waktu yang bersamaan.

Dokumen aplikasi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
1. Scan halaman foto paspor;
2. Salinan ijazah terakhir yang disahkan oleh notaris. Siswa SMA atau mahasiswa wajib memberikan Surat Pendaftaran dari sekolah atau universitas asal tempat mereka studi sebelumnya. Ijazah dalam bahasa lain selain bahasa Mandarin atau Inggris wajib dilampirkan dengan terjemahan bahasa Mandarin atau Inggris yang telah disahkan oleh pihak notaris (Baca : Menerjemahkan dokumen aplikasi beasiswa? Gunakan Jasa Penerjemah Tersumpah!)
3. Salinan transkrip akademis yang telah disahkan oleh notaris. Transkrip dalam bahasa lain selain bahasa Mandarin atau Inggris wajib dilampirkan dengan terjemahan bahasa Mandarin atau Inggris yang telah disahkan oleh pihak notaris.
4. Bagi pelamar untuk program pascasarjana wajib menyerahkan dua surat rekomendasi dalam bahasa Mandarin atau Inggris dari profesor atau profesor asosiasi yang dilengkapi dengan rincian kontak. Untuk program selain pasacasarjana hanya menyerahkan satu surat rekomendasi saja.
5. Dokumen lain yang relevan.

Untuk proses pendaftaran adalah sebagai berikut :
Anda dapat meregistrasikan diri anda secara online pada laman “Study in Jiangsu” (www.studyinjiangsu.org). Kemudian, log in dan lengkapi formulir aplikasi online yang telah tersedia. Setelah itu upload hasil scan seluruh dokumen aplikasi yang telah disebutkan di atas pada laman tersebut.

Selanjutnya cetak ( print out ) formulir aplikasi yang sudah diisi, kemudian tandatangani dan kirimkan bersama dengan dokumen aplikasi yang disebutkan di atas ke alamat berikut :

Office of Jasmine Jiangsu Government Scholarship Management Team

Address: Room 2313, No. 15, West Beijing Road, Nanjing, Jiangsu, P. R. China

江苏省南京市鼓楼区北京西路15号教育厅2313房间,茉莉花江苏政府留学生奖学金办公室

Postcode: 210024 (邮编:210024)

Tel: +86 25 83335998,83335332

Fax: +86 25 83335521


Kemudian, pelamar akan mendapatkan informasi pemberitahuan via email dari tim manajemen beasiswa Pemerintah Jiangsu terkait dengan keputusan diterima atau tidaknya aplikasi beasiswa anda. Apabila diterima, pelamar harus mengkonfirmasi secara online pada universitas tujuan studi bahwa anda akan belajar melalui program beasiswa tersebut.

Daftar Universitas yang terletak di Jiangsu :
Changzhou University,  China Pharmaceutical University, Jiangsung Institute of Commerce, Jiangsu Normal University, Jiangsu University, Nanjing Audit University, Nanjing Institute of Railway Technology, Nanjing Tech University, Nanjing University, Nanjing University of Aeronautics and Astronautics, Nanjing University of Posts and Telecommunications, Nanjing University of Science and Technology, dll. 

Baca Juga :

Buruan Daftar! FULL Gratis Beasiswa Kuliah S1 dan S2 di KOREA!

TIPS PENTING Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi!

7 TIPS Khusus Untuk Memenangkan Beasiswa!