INDBeasiswa – Sebuah Yayasan Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (YSHK) yang merupakan pendiri sekaligus pengelola Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera (Jentera) selain mengadakan Program Beasiswa Jentera yang ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2013, 2014, 2015 (Baca : Beasiswa Masuk Kuliah S1 Jentera Untuk Lulusan SMA dan Sederajat), kini juga mengadakan program beasiswa lain yang diberi nama MUNIR SAID THALIB SCHOLARSHIP

beasiswa-kuliah-s1-jentera-untuk-lulusan-sma

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, Jentera merupakan sebuah institusi yang mempunyai lebih dari 17 tahun pengalaman pada bidang penelitian, advokasi, sistem informasi, dan pelatihan hukum serta didukung oleh adanya deretan akademisi dan praktisi hukum ternama di Indonesia.

Saat ini, Jentera membuka kesempatan bagi para pegiat Civil Society Organization (CSO) untuk menempuh pendidikan jenjang Sarjana (S1) pada Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera. Skema beasiswa ini telah meliputi semua biaya kuliah selama 8 (delapan) semester yang sudah termasuk biaya masuk/pangkal, biaya SKS, dan biaya semester. Kemudian tersedia juga biaya hidup bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah Jabodetabek.

Persyaratan untuk mengikuti Munir Said Thalib Scholarship adalah :
1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
2. Telah bekerja selama minimal 2 (dua) tahun pada sektor masyarakat sipil.
3. Mendapatkan nominasi oleh lembaga tempat bekerja. Apabila anda bekerja tidak tetap, referensi dapat diberikan oleh organisasi masyarakat sipil yang pernah menjadi tempat anda bekerja.
4. Membuat 1 (satu) buah esai dengan panjang maksimal 500 (lima ratus) kata.
Esai anda harus memuat dua poin berikut :
– Mengapa saya ingin menempuh jalur pendidikan hukum?
– Apa yang akan saya lakukan setelah menjadi Sarjana Hukum?

Kelengkapan dokumen yang dibutuhkan :
1. Formulir pendaftaran (Link Download Formulir Pendaftaran).
2. Formulir nominasi dari lembaga tempat bekerja (Link Download Formulir Nominasi).
3. Surat referensi dari orang yang dapat memberikan keterangan mengenai kegiatan, pengalaman, atau pencapaian anda selama ini (misal : pimpinan lembaga atau pihak yang pernah bekerja dengan Anda) (Link Download Format Surat Referensi).
4. Fotocopy ijazah SMA/sederajat yang telah dilegalisir.
5. Curriculum Vitae (CV) terbaru.
6. Fotocopy KTP/identitas lainnya.
7. Pasfoto berwarna ukuran 4×6 sejumlah 2 lembar.

Untuk proses pendaftaran, langkah-langkah yang harus ditempuh adalah sebagai berikut :
Setelah melengkapi seluruh dokumen yang dibutuhkan di atas, masukkan ke dalam 1 (satu) amplop dengan mencantumkan kode berkas : Munir-2015 beserta nama dan alamat lengkap pengirim dokumen. Kemudian dapat dikirimkan secara langsung atau melalui pos ke Kampus Jentera dengan alamat sebagai berikut :

Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera
Puri Imperium Office Plaza, Upper Ground Unit 15
Jl. Kuningan Madya Kav. 5-6
Jakarta Selatan 12980


Selain itu pengiriman dokumen juga dapat dikirimkan melalui email dengan mencantumkan subjek email : Munir Scholarship 2015. Dokumen yang dilampirkan harus dalam format .pdf. Untuk format foto dapat dilampirkan dalam format .jpg atau .png dengan ukuran maksimal 200 KB. Kemudian kirimkan melalui email ke : info@jentera.ac.id.

Untuk batas waktu akhir penerimaan dokumen baik secara langsung/pos/via email paling lambat tertanggal atau cap pos 1 Agustus 2015.

Informasi lebih lengkap dapat langsung menghubungi kontak person berikut :
Estu 021-8302070 atau 0857 2515 3332
E-mail : info@jentera.ac.id

Pengumuman seleksi berkas akan diinformasikan pada tanggal 14 Agustus 2015. Kemudian para peserta yang berhasil lolos seleksi berkas akan mengikuti seleksi wawancara pada tanggal 21 Agustus 2015, dan hasil wawancara akan diumumkan pada tanggal 28 Agustus 2015.

Baca Juga :

TIPS Penting Bagaimana Cara Mendapatkan Surat Referensi Untuk Apply Beasiswa!

Buruan Daftar! Beasiswa Kuliah S1 dari Yayasan Kalla 2015!

Ini Dia! Beasiswa Pembiayaan Tugas Akhir Untuk D3 dan S1 dari Kalla Group!