Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa – Saat seseorang lulus tes TOEFL dan IELTS dengan nilai di atas rata-rata, belum tentu orang tersebut dapat lancar menggunakan bahasa inggris dalam percakapan sehari-harinya. Terus gimana yah caranya supaya dapat berbicara lancar dalam bahasa inggris? Cara terbaiknya tentu saja dengan tinggal di luar negeri, dimana kalian bisa bergaul dengan warga asing yang dapat membuat kalian terbiasa. Selain itu, cara-cara sebagai berikut juga bisa banget kalian coba :

1. Televisi dan Film

cara-lancar-berbahasa-inggris
Sumber : female.kompas.com

Dari film kalian bisa belajar cara menyapa orang asing, bahasa sehari-hari yang mereka gunakan, juga kebiasaan yang mereka lakukan. Untuk permulaan, carilah film-film yang menarik bagi kalian ( kalau bisa yang membuat kalian betah untuk nonton berulang-ulang ). Lalu tontonlah dengan teks, kemudian lanjutkan dengan menonton tanpa teks. Kalau kalian menemukan kalimat yang menarik, kamu bisa menuliskan di catatan, atau merekam pada smartphone kalian.

2. Rekaman
Mendengarkan rekaman juga merupakan cara efektif untuk dapat lancar berbahasa inggris. Kamu bisa mendengarkan sambil di perjalanan, olahraga, di kereta, dan sebagainya. Semakin sering kamu mendengar, semakin terbiasa juga kamu dengan percakapan bahasa Inggris. Mulailah dengan mencari rekaman dalam topik percakapan yang sederhana.

3. Berlatih setiap hari

tips-cara-lancar-berbahasa-inggris
Sumber : englishcafe.co.id

Kalau kalian cuma tahu teori tanpa pernah menggunakannya, tentu saja nggak bakalan bisa lancar menggunakan Bahasa Inggris. Mulailah dengan percakapan sederhana bersama dengan teman kalian dan lakukan itu rutin setiap hari. Tidak perlu berjam-jam, cukup beberapa waktu yang sudah kalian sepakati. Kalau kalian pernah ke Kampung Inggris, tempat belajar bahasa Inggris yang terletak di Pare ( Kediri, Jawa Timur ), kalian pasti tahu bahwa setiap hari harus menggunakan bahasa Inggris. Bahkan untuk membeli kue di toko, kalian juga harus menggunakan Bahasa Inggris. Ini semua agar kalian lancar dan terbiasa untuk bercakap-cakap dalam bahasa tersebut. Oke! Selamat mencoba!

Baca Juga :
Syarat Kuliah di Luar Negeri : TOEFL vs IELTS. Pilih yang mana?

10 Top Tips untuk Mendapatkan Beasiswa!

Ini Dia Jurusan yang Paling Banyak Dibutuhkan Perusahaan Tahun 2015!