Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa – Kementeriaan Luar Negeri Meksiko bekerjasama dengan Mexican Agency for International Development Cooperation ( AMEXCID ) menawarkan beasiswa “2016 Mexican Government Scholarship Program for International Students” bagi para mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studi pada perguruan tinggi di Meksiko. Beasiswa ini terdiri dari berbagai jenis, dan di antaranya adalah mobility program untuk jenjang sarjana dan pascasarjana dengan masa waktu 1,5 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan. Selain itu juga terdapat beasiswa postdoktoral dan riset pascasarjana dalam kurun waktu tempuh 12 bulan ( minimal 1 bulan ), program spesialisasi ( 1 tahun ), gelar master ( 2 tahun ), program doktor ( 3 tahun ), serta spesialisasi dan subspesialisasi kedokteran ( 3 tahun ).

beasiswa-meksiko

Pada beasiswa ini, terdapat sekitar 70 lebih Universitas / Perguruan Tinggi di Meksiko yang ikut serta dan mahasiswa dari Indonesia dipersilahkan untuk mendaftar. Para pelamar dapat mendaftar beasiswa kecuali untuk jurusan administrasi bisnis, akuntansi, operasi plastik, pemasaran, kodekteran gigi, periklanan, dan bidang lainnya yang terkait. Beasiswa ini juga dapat diikuti oleh mereka yang merupakan kandidat yang baru akan memulai studi di Universitas di Meksiko atau mereka yang sedang menjalani kuliah di Meksiko saat ini.

Cakupan Beasiswa AMEXCID 2016 meliputi :

– Tunjangan bulanan sebesar 4 kali gaji minimal di Mexico City untuk beasiswa mobilitas sarjana, gelar master atau riset tingkat master, spesialisasi sebesar $8.412 peso (sekitar US $546,234).
– Tunjangan bulanan sebesar 5 kali gaji minimal di Mexico City untuk studi dan riset doktoral, spesialisasi dan subspesialisasi kedokteran, postdoktoral sebesar $10.515 peso (sekitar US $681,90).
– Biaya pendaftaran serta biaya kuliah.
– Asuransi Kesehatan yang diberikan oleh Lembaga Keamanan Sosial Meksiko ( IMSS ), yang dimulai pada bulan ketiga beasiswa.
– Tiket pesawat PP pada awal dan akhir beasiswa.
– Apabila belajar di luar Mexico City, tersedia biaya transportasi dari Mexico City ke Perguruan Tinggi tujuan pada awal dan akhir beasiswa.

beasiswa-meksiko-amexcid-scholarship
Mexico City ( Sumber : cache.graphicslib.viator.com )

Persyaratan untuk mengikuti beasiswa ini adalah sebagai berikut :
1. Telah memegang gelar Sarjana, Master, atau Doktor sesuai dengan yang dipersyaratkan program.
2. IPK minimal 8.0 untuk skala 0 sampai 10, atau setara dengan minimum 3.2 untuk skala 4.00.
3. Telah diterima atau saat ini sedang mengikuti program pada salah satu Perguruan Tinggi di Meksiko yang berpartisipasi dalam beasiswa ini.

Dokumen aplikasi yang diperlukan adalah sebagai berikut :
1. Nominasi resmi dari pemerintah ( dapat mendownload di panduan ).

2. Formulir aplikasi ( dapat mendownload di panduan ).

3. Penjelasan mengapa pelamar tertarik untuk melanjutkan studi atau melakukan riset di Meksiko.

4. CV, maksimal 3 halaman.


5. Acceptance Letter ( Baca : Bagaimana cara mendapatkan LoA? ) dari Institusi di Meksiko, yang ditandatangani oleh pihak yang berwenang ( Direktur Kantor Urusan Internasional, Kepala Departemen Studi Pascasarjana, Direktur Pertukaran Akademik, Koordinator Pascasarjana, dsb ), yang juga menyatakan lama studi dengan mencantumkan tanggal awal serta tanggal akhir dan jenis studi yang dipilih.


6. Copy Ijazah Terakhir.


7. Copy Transkrip Nilai dengan IPK minimal 8/10 atau setara.


8. Untuk beasiswa mobilitas, menyertakan surat dari Institusi pelamar yang menyetujui untuk memberikan kredit akademik bagi kelas atau program studi yang akan diambil di Meksiko.

9. Untuk hibah penelitian, menyertakan dokumen akademik yang memperlihatkan atau menyatakan pelamar telah selesai atau saat ini terdaftar pada program master atau doktor.

10. Para kandidat yang sudah berada di Meksiko saat ini harus mempunyai dokumen imigrasi lengkap dengan kartu visa pelajar warga sementara ( Baca : 9 Tips Agar Bisa Lolos Wawancara Visa ).

11. Apabila bahasa Spanyol bukan bahasa asli pemohon, menyertakan sertifikat kemampuan bahasa Spanyol dari pusat bahasa atau Universitas.

amexcid-scholarship
Mexico City ( Sumber : www.luxuriousmexico.com )

12. Copy akte kelahiran.

13. Copy paspor.


14. Surat Keterangan Sehat (asli) yang dikeluarkan oleh Lembaga Pemerintah atau Swasta tidak lebih dari tiga bulan sebelum mengajukan dokumen.


15. Pasfoto asli terbaru ukuran 3cm x 3 cm sejumlah 4 lembar. Latar belakang putih. Cantumkan nama dan negara di belakangnya.

Note : Apabila dokumen tidak dalam bahasa Spanyol, maka harus diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol tetapi tidak perlu disertifikasi / disahkan. Anda dapat menggunakan Jasa Penerjemah Tersumpah ( Baca : Menggunakan Jasa Penerjemah Tersumpah ).

Untuk pendaftaran, setelah anda selesai melengkapi aplikasi yang diperlukan, kemudian serahkan melalui Kedutaan Besar Meksiko di alamat sebagai berikut :
Jl. Gatot Subroto Kav. 9 – 11, Menara Mulia, Suite 2306, Jakarta, 12930, Indonesia.

Aplikasi paling lambat diterima pada tanggal 31 Agustus 2015. Hasil seleksi akan diumumkan pada bulan November 2015 melalui website kedutaan ( http://embamex.sre.gob.mx/indonesia ) untuk masa studi tahun 2016. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat mengajukan pertanyaan melalui nomer telepon berikut : +62 (21) 520-3980 atau melalui alamat email: embmexico@gmail.com.

Baca Juga :
Ikuti Sekarang Juga! Beasiswa di Jepang oleh Hosei University!

Wow! Ini Dia Beasiswa S2 dan S3 Endeavour Australia!

5 Alasan Mengapa Perusahaan Lebih Menyukai Lulusan Internasional!