Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

beasiswa s2 s3 penuh selandia baru new zealand asean scholarship nzas, beasiswa postgraduate sertifikat, diploma, master, dan phd, study abroad

INDBeasiswa – Satu lagi, beasiswa kuliah di luar negeri bagi anda yang berminat untuk melanjutkan studi di negara kawasan Pasifik, yaitu Selandia Baru (New Zealand). Saat ini, Pemerintah New Zealand sedang membuka penawaran beasiswa untuk mahasiswa ASEAN. Program ini dinamakan New Zealand ASEAN Scholar Awards (NZAS) yang didanai oleh New Zealand Aid Programme bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan New Zealand.

Beasiswa New Zealand 2017 – 2018

new zealand scholarships beasiswa pemerintah selandia baru s2 s3 full scholarship
Beasiswa New Zealand ASEAN Scholars Awards (NZAS) – (Image Source)

Program Beasiswa Pemerintah New Zealand meliputi pembiayaan untuk program berikut:
– Postgraduate Certificate (selama 6 bulan)
– Postgraduate Diploma (selama 1 tahun)
– Masters Degree (1 – 2 tahun)
– PhD (hingga 3,5 tahun)

Beasiswa dapat digunakan untuk melanjutkan studi pada 10 universitas yang telah ditunjuk oleh NZAS sebagai berikut:
1. Auckland University of Technology
Website: www.aut.ac.nz

Email: scholarships@aut.ac.nz

2. Lincoln University
Website: www.lincoln.ac.nz
Email: scholarships@lincoln.ac.nz

3. Massey University
Website: massey.ac.nz
Email: international@massey.ac.nz

4. Unitec Institute of Technology
Website: unitec.ac.nz
Email: international@unitec.ac.nz

5. University of Auckland
Website: www.auckland.ac.nz
Email: int-questions@auckland.ac.nz

6. University of Canterbury
Website: canterbury.ac.nz
Email: international@canterbury.ac.nz

7. University of Otago
Website: www.otago.ac.nz
Email: international.admissions@otago.ac.nz

8. Victoria University of Wellington
Website: www.victoria.ac.nz
Email: VUW-NZAID@vuw.ac.nz

9. University of Waikato
Website: www.waikato.ac.nz
Email: international@waikato.ac.nz

10. Manukau Institute of Technology
Website: www.manukau.ac.nz
Email: international@manukau.ac.nz

Dalam beasiswa ini, Pemerintah New Zealand bermaksud untuk membantu para kandidat yang tertarik pada bidang-bidang yang dapat meningkatkan pembangunan sosial dan ekonomi di negara asal mereka. Berikut ini merupakan bidang prioritas yang dapat anda pilih:

1. Agriculture Development
– Agri-business management: agricultural economics, agricultural systems and management, rural development, logistics, supply chain and distribution management, value chain development, agriculture marketing, international agribusiness
– Agriculture production: animal science, veterinary nursing, plant science, horticultural science, soil science
– Agriculture trade and technology: phytosanitary, bio-security, biotechnology, agricultural trade
– Post-harvest: food production, food sciences/technology, post-harvest processing, food storage and packaging, food safety

2. Renewable Energy
– Solar, geothermal, hydro-electric and wind energy, energy engineering, renewable energy distribution systems, energy sector management/reform, including energy economics and financials

3. Disaster Risk Management
– Disaster preparedness and response, emergency management
– Disaster risk reduction: hazard and vulnerability assessment, risk management, natural resource management, environmental management, geology, geotechnical engineering, water resource management
– Climate change adaptation, land use planning & development

4. Public Sector Management
– Economic policy: public financial management, government budgeting, tax reform, public sector auditing, statistics, demography
– Education: policy, sector management and reform
– Public sector leadership: public administration, public policy and management, public sector leadership and governance, human resource capacity development, information management
– International trade and business, trade facilitation, trade policy

5. Private Sector Development
– Business/private sector management and leadership, small and medium sized enterprises (SMEs) development, entrepreneurship, marketing, accountancy
– Business finance, commerce

Source: MFAT
Beasiswa yang diberikan pun tidak tanggung-tanggung, karena bersifat full scholarship (beasiswa penuh). Cakupannya adalah sebagai berikut:
1. Tanggungan biaya kuliah penuh di universitas-universitas yang terdapat di Selandia Baru2. Tunjangan kemandirian saat pertama tiba di Selandia Baru
3. Tunjangan biaya hidup yang diberikan setiap dua minggu
4. Asuransi kesehatan dan perjalanan
5. Tiket pesawat PP Selandia Baru – Indonesia pada awal dan akhir beasiswa
6. Tunjangan cuti atau perjalanan reuni
7. Bantuan biaya penelitian dan tesis bagi mahasiswa pascasarjana riset
8. Sebelum menjalani masa studi di Selandia Baru, para penerima beasiswa akan mendapatkan briefing singkat dan training bahasa Inggris di IALF, Surabaya sebelum keberangkatan
Beasiswa Selandia Baru ini terbuka untuk masyarakat umum, PNS, dosen, maupun swasta dan sangat diutamakan apabila kandidat mempunyai komitmen untuk membangun negara asal, serta memiliki kemampuan akademik dan skill kepemimpinan yang baik. Tidak hanya itu, beasiswa ini juga diutamakan bagi mereka yang berusia 39 tahun atau lebih muda, serta bagi mereka yang memilih bidang studi berkaitan dengan studi prioritas di atas. Dan jika ditinjau dari area geografis, maka beasiswa NZAS lebih mengutamakan kandidat yang berasal dari Indonesia Timur seperti Provinsi Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, serta Papua Barat.

Persyaratan:
1. Berusia minimal 18 tahun pada saat mengajukan beasiswa.

2. Merupakan warganegara yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa (termasuk Indonesia).

3. Bukan merupakan warganegara dari salah satu negara berikut: Selandia Baru, Australia, Israel, Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat, negara-negara Uni eropa, Qatar, Inggris, Kanada, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

3. Telah menetap di Indonesia minimal 2 tahun.

4. Bukan merupakan anggota militer.

5. Telah memenuhi persyaratan imigrasi yang diberikan oleh Pemerintah Selandia Baru untuk masuk sebagai pelajar internasional (Pemeriksaan Kesehatan dan Karakter Personal).

6. Memenuhi persyaratan masuk akademis (termasuk persyaratan kemampuan bahasa Inggris) untuk mendapatkan tawaran tempat (offer of place) pada program studi di universitas yang dituju.

7. Sebelumnya tidak pernah diputus dari beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Selandia Baru dikarenakan nilai akademis yang buruk.

8. Berkomitmen untuk kembali ke negara asal minimal 2 tahun setelah berakhirnya masa beasiswa untuk dapat memberikan kontribusi bagi negara asal.

9. Mempunyai pengalaman kerja penuh waktu minimal satu tahun (atau dua tahun bekerja paruh waktu) yang relevan.

Note: Masing-masing universitas telah menetapkan standar kemampuan bahasa Inggris yang dibutuhkan. Anda dapat merujuk pada masing-masing website universitas yang kami cantumkan di bawah ini.

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk pendaftaran terbagi menjadi dua cara, pertama dengan menggunakan aplikasi kertas (paper application atau via pos) dan kedua dapat dilakukan secara online (online application). Pilih salah satu cara saja.

Online Application:
1. Pertama anda harus mengambil Online Eligibility Test pada link berikut: Eligibility Test. Apabila anda memenuhi ketentuan yang dibutuhkan, anda akan mendapatkan kode eligibilitas yang akan digunakan pada langkah ketiga pendaftaran.

2. Daftarkan diri anda pada RealMe login pada link berikut: RealMe. Anda akan membutuhkan login tersebut kapanpun saat mengakses aplikasi pendaftaran beasiswa secara online. Selain itu, anda juga dapat menggunakan login yang sama untuk menggunakan berbagai layanan pemerintah Selandia Baru lainnya, termasuk mengajukan visa pelajar melalui pihak Imigrasi apabila anda berhasil lolos seleksi beasiswa.

3. Daftarkan diri anda pada laman New Zealand Scholarships secara online. Anda diwajibkan mengisi beberapa data seperti nama dan alamat email.

4. Lengkapi aplikasi pendaftaran anda. Saat anda telah terdaftar pada aplikasi online, anda dapat mendaftar beasiswa apapun dari Selandia Baru yang tersedia untuk warganegara Indonesia. Sebagai catatan, anda diwajibkan untuk menscan transkrip akademi dan mengupload pada portal aplikasi beasiswa. Pengumuman seleksi beasiswa akan diinformasikan beberapa bulan setelah batas waktu pendaftaran.

Jika anda berhasil lolos seleksi beasiswa, anda diwajibkan mengirimkan berkas dokumen berikut:
1. Salinan resmi Paspor/Akte Kelahiran/KTP
2. Salinan resmi ijazah dan transkrip akademi yang relevan
3. Detail kontak pimpinan dan dua atasan relevan lainnya di tempat kerja saat ini
4. Salinan IELTS Test Report Form (TRF) yang akan diverifikasi sendiri oleh MFAT secara online ATAU salinan resmi hasil tes TOEFL dalam satu tahun terakhir.

Paper Application:
Sebelum anda melakukan pendaftaran, pastikan anda telah memenuhi persyaratan yang telah disebutkan di atas. Kemudian tentukan universitas di Selandia Baru yang ingin anda tuju. Selanjutnya anda dapat meminta Form Aplikasi Pendaftaran pada Kedutaan Besar Selandia Baru di negara asal anda. Lengkapi form aplikasi beasiswa yang telah diisi bersama dengan transkrip akademi dan kirimkan pada Kedutaan Besar Selandia Baru sebelum tanggal 15 Maret 2017.

Daftar Beasiswa Selandia Baru

Alamat Kedutaan Besar Selandia Baru di Indonesia adalah sebagai berikut: 

New Zealand Embassy and Mission to ASEAN, Jakarta , Indonesia
Jalan Asia Afrika No 8, Gelora Bung Karno
Jakarta  10270
Phone: +62 21 299 55800
Fax: +62 21 579 74578
Email: nzembjak@cbn.net.id

Note: Penulisan keseluruhan form aplikasi beasiswa harus menggunakan bahasa Inggris.

Untuk informasi lebih detail mengenai Beasiswa Pemerintah Selandia Baru, dapat menghubungi MFAT pada alamat email: scholarships@mfat.govt.nz, mengunjungi laman resminya pada: www.mfat.govt.nz atau melalui kontak berikut:
PT. Scope Global Nusantara
Lippo Kuningan, 19th Floor
Jl. HR Rasuna Said Kav. B12
Jakarta 12940. Indonesia
Tel: +62 21 2911 0146

Semoga bermanfaat.
Baca Juga:
Beasiswa S1 dan S2 di Australia oleh Monash University
Yuk Kuliah di NUS Singapura
Beasiswa Penuh S2 – S3 Australia Awards Scholarships