INDBeasiswa.com – Bagi kamu yang merupakan pelajar SMK, ada tawaran menarik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam Program Beasiswa SMK  Prestasi / Khusus Bencana Tahun 2017. Beasiswa ini ditujukan bagi siswa/i SMK di seluruh Indonesia yang masih aktif dan berprestasi guna memberikan penghargaan bagi pelajar yang memiliki kemampuan di bidang akademik maupun non-akademik. Selain itu, beasiswa ini juga diberikan bagi siswa/i yang berada di lokasi bencana. Besarnya biaya bantuan yang diberikan total senilai Rp 3,5 Miliar dengan nilai rincian yang nantinya ditetapkan oleh Direktur Pembinaan SMK.

Beasiswa SMK Prestasi Tahun 2017 oleh Kemendikbud RI

Beasiswa SMK Prestasi Tahun 2017 untuk Pelajar SMK Seluruh Indonesia
Beasiswa SMK Prestasi Tahun 2017 untuk Pelajar SMK Seluruh Indonesia

Persyaratan Teknis:
1. Merupakan Siswa SMK yang masih aktif dan berprestasi baik perorangan maupun pemain perorangan dalam tim yang mempunyai salah satu prestasi berikut:

a. Juara I, II, III dan/atau terbaik di bidang Akademik, non-akademik, maupun inovasi/perekayasa/keilmuan pada tingkat Provinsi atau Nasional Tahun 2016 (belum pernah mendapatkan beasiswa prestasi dari Direktorat Pembinaan SMK Tahun 2016) atau Tahun 2017 dibuktikan dengan Sertifikat Kejuaraan/Surat Penetapan Juara oleh penyelenggara dari pihak lain selain Direktorat PSMK;

b. Juara I, II, III dan/atau Minimal Medalion of Excellent (penghargaan yang didapatkan apabila peserta memenuhi batas nilai minimal) atau yang setara, dibidang Akademik, non-akademik, maupun inovasi/perekayasa/keilmuan pada tingkat Internasional tahun 2016 dan/atau 2017 (belum pernah mendapatkan beasiswa prestasi dari Direktorat Pembinaan SMK Tahun 2016 atau 2017), dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan/surat penetapan juara oleh penyelenggara;

c. Prestasi lainnya yang diakui oleh pemerintah atau pihak lain yang terkait. Sebagai contoh: mencegah tindak kejahatan, membantu aparat dalam menanggulangi bencana, melakukan sesuatu yang luar biasa sehingga diekspos oleh media massa, dan prestasi semacamnya di Tahun 2016 dan/atau 2017; atau

d. Merupakan siswa SMK aktif yang berdomisili di daerah terkena bencana Tahun 2016 dan/atau 2017.

2. Persyaratan Administrasi:
a. Diusulkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan/atau SMK setelah ada pengesahan oleh Dinas Pendidikan Provinsi;

b. Melampirkan data pendukung yang membuktikan pencapaian prestasi siswa berupa piagam/sertifikat/penghargaan atau surat penetapan juara oleh penyelenggara;

c. Siswa yang diusulkan ditetapkan sebagai penerima bantuan oleh PPK dan disahkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Direktorat PSMK.

3. Ketentuan Lainnya:
1. File penghargaan yang diupload merupakan prestasi tertinggi siswa.

2. Untuk mengecek NISN dan NPSN silakan buka halaman Dapodikmen.

3. Untuk Juara I/II/III sertifikat tidak boleh dari lomba Tingkat Nasional seperti: LKS, O2SN, FLS2N Tahun 2017.

4. Mengisi Formulir Surat Pengantar Sekolah beserta lampiran usulan (Download Formulir).

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar Beasiswa SMK Prestasi/Khusus Bencana Tahun 2017, dapat mendaftarkan diri secara online pada link berikut: Daftar.


Lengkapi seluruh form dengan data yang sebenarnya. Unggah juga hasil scan Surat Pengantar Sekolah beserta Sertifikat/Penghargaan yang didapatkan (dalam format PDF). Kemudian klik submit untuk menyelesaikan pendaftaran.

Pengumuman calon penerima bantuan beasiswa prestasi yang lolos seleksi akan diumumkan pada laman resmi: pesertadidik.ditpsmk.net.

Informasi lebih detail dapat merujuk pada laman resminya: pesertadidik.ditpsmk.net/beasiswa-prestasi-2017. Apabila kesulitan saat melakukan pendaftaran atau masih bingung cara mendaftar beasiswa ini, silakan konsultasikan dengan guru atau staf pengajar di sekolah masing-masing. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk adik-adik sekalian.