Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

beasiswa unggulan, beasiswa prestasi, beasiswa lulusan sma, smk, ma, beasiswa penuh s1, s2, s3 dari pemerintah Indonesia

INDBeasiswa.com – Selain Bidik Misi, ada satu lagi beasiswa dari Pemerintah Indonesia bagi lulusan SMA/SMK/sederajat di tanah air yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S1. Tidak hanya untuk beasiswa S1, tetapi bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pascasarjana pun dapat mengikuti beasiswa ini. BEASISWA UNGGULAN (BU), sebuah program beasiswa yang rutin ditawarkan setiap tahunnya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk meraih pendidikan S1, S2, atau S3.

Beasiswa Penuh S1, S2, S3 dari Kemendikbud 

beasiswa unggulan kuliah s1 s2 s3
Beasiswa Unggulan: Beasiswa Penuh Kuliah S1, S2, dan S3 dari Kemendikbud

Program Beasiswa Unggulan memiliki visi untuk melahirkan insan cerdas dan kompetitif yang dapat berkontribusi pada daya saing bangsa. Adapun tujuan utama dari diadakannya program Beasiswa Unggulan adalah untuk melanjutkan pendidikan putra-putri bangsa terpilih ke jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi dalam dan/atau luar negeri sesuai dengan Permendikbud No. 95 Tahun 2013.

Sama halnya dengan Bidik Misi, Beasiswa Unggulan juga bersifat beasiswa penuh yang menanggung sebagian besar keperluan studi. Bedanya, Bidik Misi ditujukan bagi mereka yang tidak mampu namun berprestasi, sementara Beasiswa Unggulan terbuka bagi siapa saja dengan catatan berprestasi.

Pada tahun 2017 ini, pendaftaran Beasiswa Unggulan telah dibuka dalam dua periode (batch). Batch 1: 15 Februari s/d 15 April 2017, Batch 2: 1 Juni s/d 31 Juli 2017. Tentunya anda dapat mendaftarkan diri mulai sekarang.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, beasiswa ini terbuka bagi lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjukan studi S1, atau warga negara Indonesia yang mempunyai prestasi dan berminat untuk meneruskan pendidikannya hingga jenjang S2 atau S3. Selain itu, Beasiswa Unggulan juga dibuka bagi mahasiswa yang sedang menjalani studi di jenjang tersebut (on-going).

Periode pemberian beasiswa untuk S1 berlangsung selama 48 bulan, untuk S2 selama 18 s/d 24 bulan, dan S3 selama 36 bulan.

Beasiswa Unggulan terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Beasiswa Masyarakat Berprestasi terdiri dari Beasiswa Degree (Dalam Negeri) dan Beasiswa Bantuan Non-Degree. Beasiswa Degree utamanya ditujukan kepada peraih medali/penghargaan di bidang sains, penelitian ilmiah, keterampilan, olah raga, seni, dan bahasa yang dilaksanakan oleh Kemendikbud dan/atau oleh LIPI. Selain itu Beasiswa Degree juga ditujukan bagi masyarakat berprestasi tingkat nasional atau internasional di segala bidang dan umum.

Sebagai catatan, apabila prestasi peserta bukan tingkat olimpiade Internasional atau Nasional tetap dapat mengikuti beasiswa ini dengan memilih golongan umum.

Kemudian untuk Beasiswa Bantuan Non-Degree utamanya ditujukan kepada: guru, tenaga kependidikan pada tingkat PAUD sampai dengan SMA/SMK, pegiat budaya, seniman dan pegiat sosial, menjadi pembicara dalam konferensi atau workshop, utamanya dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

Informasi lebih detail mengenai beasiswa ini dapat anda buka pada link berikut: Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi.

2. Beasiswa Mahasiswa Asing

Beasiswa Unggulan Mahasiswa Asing ditujukan bagi siswa alumni Darmasiswa dan negara-negara yang mempunyai kerjasama pendidikan dengan Indonesia untuk melanjutkan jenjang S2 dan S3 di Indonesia pada bidang pendidikan Bahasa Indonesia, Seni dan Budaya.

Adapun komponen pembiayaan beasiswa meliputi: biaya pendidikan (tuition fee), biaya hidup, biaya buku, dan biaya penelitian.

Informasi lebih detail mengenai beasiswa ini dapat anda buka pada link berikut: Beasiswa Mahasiswa Asing di Indonesia oleh Kemendikbud.

3. Beasiswa untuk Pegawai Kemendikbud

Beasiswa ini diselenggarakan dengan tujuan guna meningkatkan kompetensi Pegawai Negeri Sipil dalam lingkungan Kemendikbud dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP). Peningkatan kompetensi dilakukan dengan memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi pada perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri (beasiswa degree) atau berupa pelatihan di luar negeri (short course).

3.A. Beasiswa untuk Pegawai Kemendikbud (Beasiswa Degree)
Adapun komponen pembiayaan beasiswa degree meliputi: tanggungan biaya pendidikan (tuition fee), biaya hidup, biaya buku, dan biaya penelitian. Untuk tujuan studi di luar negeri hanya diperuntukkan bagi mahasiswa baru.

Persyaratan Beasiswa Degree Jenjang Master (S2) dan Doktoral (S3):
a. Mahasiswa Baru:
– Berusia maksimal 37 tahun (bagi pelamar S2) dan maksimal 40 tahun (bagi pelamar S3)

– Memiliki IPK S1 minimal 2,75 (bagi pelamar S2) dan IPK S2 minimal 3,00 (bagi pelamar S3)

– Memiliki skor TOEFL ITP minimal 450 / iBT 45 / IELTS 5.0

– Pelamar dengan tujuan studi Luar Negeri dengan bahasa Inggris sebagai pengantar: TOEFL ITP 550 / iBT 79 / IELTS 6.5

– Pelamar dengan tujuan studi Luar Negeri dengan bahasa pengantar selain bahasa Inggris: TOEFL ITP 500 / iBT 61 / IELTS 6.0

b. Mahasiswa On-Going:
– Berusia maksimal 37 tahun (bagi pelamar S2) dan maksimal 40 tahun (bagi pelamar S3)

– Saat ini sedang menempuh perkuliahan S2 atau S3 maksimal semester 3

– Memiliki IPK On-Going minimal 2,75 (untuk S2 On-Going) dan minimal 3,00 (untuk S3 On-Going)

– Memiliki skor TOEFL ITP minimal 450 / iBT 45 / IELTS 5.0

Berkas dokumen yang dibutuhkan:
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

2. Bagi mahasiswa baru melampirkan LoA Unconditional (pegawai dapat mendaftar dan mengikuti seleksi Beasiswa Unggulan, dan apabila dinyatakan lulus namun belum mempunyai LoA, pegawai diberikan waktu selama 3 bulan dari tanggal surat lulus untuk mendapatkan LoA); Ijazah dan Transkrip Nilai terakhir

3. Bagi mahasiswa On-Going: Surat Tanda Aktif Kuliah, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), dan Kartu Hasil Studi (KHS) terakhir

4. Sertifikat TOEFL / IELTS

5. Proposal rencana studi

6. Surat rekomendasi dari pejabat unit utama atau setingkat eselon II

7. Program Beasiswa Unggulan dapat diikuti oleh pegawai yang melebihi batas usia yang ditentukan khusus untuk program studi yang disetujui oleh atasan langsung serta surat persetujuan penerbitan tugas belajar dari Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kemendikbud

8. Surat keterangan sehat

9. SKP bernilai baik

Tata Cara Pendaftaran:
Pendaftaran Beasiswa Degree untuk Pegawai Kemendikbud dapat dilakukan secara online pada link berikut: buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

Jadwal pendaftaran sebagai berikut:
Batch 1: 15 Februari s/d 15 April 2017
Seleksi administrasi dan wawancara: 16 April s/d 10 Mei 2017
Pengumuman: 12 Mei 2017

Batch 2: 1 Juni s/d 31 Juli 2017
Seleksi administrasi dan wawancara: 1 Agustus s/d 31 Agustus 2017
Pengumuman: 1 September 2017

3.B. Beasiswa untuk Pegawai Kemendikbud (Beasiswa Bantuan Pelatihan / Short Course)
Persyaratan:
1. Surat permohonan kepada Kepala Biro PKLN Kemendikbud
2. Surat rekomendasi dari pimpinan setara Esselon II
3. Masa kerja minimal 2 tahun
4. SKP minimal 1 tahun bernilai baik
5. Daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae)
6. Surat undangan dari penyelenggara
7. Esai minimal 500 kata mengenai manfaat program yang akan diikuti bagi unit kerja
8. Usulan rincian biaya
9. Jangka waktu pelatihan maksimal selama 1 bulan

Tata Cara Pendaftaran:
Pendaftaran Beasiswa Short Course untuk Pegawai Kemendikbud dengan cara mengirimkan seluruh dokumen persyaratan ditujukan kepada:

Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gedung C Lantai 7
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta, 10270

Adapun beasiswa ini tidak terikat jadwal batch 1 dan 2.

Informasi lebih detail terkait Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud dapat menghubungi kontak berikut:
Sekretariat Program Beasiswa Unggulan
Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri
Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gedung C Lantai 6 Jl. Jenderal Sudirman
Senayan – Jakarta, 10270
Telp. : (021) 57 111 44 ext. 2616
email : beasiswa.unggulan@kemdikbud.go.id
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Baca Juga:
5 Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri dengan TOEFL Rendah
Daftar Beasiswa S1 Tahun 2016-2017 untuk Lulusan SMA/SMK/sederajat
Daftar Beasiswa S1, S2, S3 Tahun 2016-2017