beasiswa penuh s2 dan s3 di arab saudi oleh KFUPM, full scholarship, beasiswa timur tengah, beasiswa arab saudi, beasiswa terbaru

INDBeasiswa.com – Salah satu beasiswa Timur Tengah yang dapat anda ikuti kali ini adalah tawaran dari King Fahd University of Petroleum & Minerals (KFUPM). Universitas yang terletak di kota Dhahran, bagian timur Saudi Arabia ini merupakan salah satu universitas yang setiap semester rutin membuka kesempatan beasiswa untuk pelajar dari Indonesia. Beasiswa yang ditawarkan meliputi jenjang S2 (Master) dan S3 (Doktor). Perlu dicatat bahwa universitas ini hanya menerima mahasiswa laki-laki dan bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris (pelamar tidak perlu mempunyai kemampuan bahasa Arab).

Beasiswa Kuliah S2 S3 Arab Saudi oleh KFUPM

beasiswa kuliah timur tengah s2 s3
Full Scholarship: Beasiswa Kuliah Timur Tengah S2 & S3 oleh KFUPM

Pendaftaran untuk Fall Semester biasanya dibuka pada bulan Februari, sedangkan untuk Spring Semester dibuka pada bulan September. Saat ini, KFUPM mempunyai 37 Program Master dan 15 Program PhD. Untuk pilihan College yang terdapat di KFUPM adalah sebagai berikut:
– College of Sciences
– College of Engineering Sciences and Applied Engineering
– College of Computer Science and Engineering
– College of Industrial Management
– College of Environmental Design

Sedangkan untuk Program Studi yang ditawarkan adalah sebagai berikut (klik gambar untuk memperbesar):

beasiswa kuliah timur tengah s2 s3 program studi kfupm
Program Studi yang Ditawarkan oleh KFUPM (klik gambar untuk memperbesar)

Untuk melamar beasiswa pascasarjana (S2 & S3) dapat melalui jalur Assistantship atau Lecturership. Maksudnya saat anda melamar studi, anda juga dapat melamar menjadi Research Assistant atau RA (untuk pelamar S2) atau Lecturer-B (untuk pelamar S3). RA atau Lecturer-B merupakan staf universitas yang mempunyai kewajiban untuk membantu operasional departemen atau universitas. Beberapa contoh penugasan yang biasanya diberikan adalah mengajar praktikum atau program S1, mengawasi ujian, tugas administrasi, dan sebagainya. Jadi ada semacam kontrak kerja antara mahasiswa dan pihak KFUPM dimana kontrak tersebut perlu ditandatangani sebelum keberangkatan. Hampir semua mahasiswa S2 atau S3 (non-part time) dari luar Arab Saudi menjadi RA atau Lecturer-B.

Nantinya para penerima beasiswa KFUPM akan mendapatkan cakupan pembiayaan sebagai berikut:
1. Tanggungan biaya kuliah penuh
2. Tunjangan hidup bulanan
3. Tempat tinggal yang disertai AC
4. Layanan medis gratis
5. Textbook gratis
6. Subsidi makanan pada kantin universitas
7. Kesempatan untuk berpartisipasi dalam penelitian dan penulisan buku bersama dengan fakultas universitas
8. Pelaksanaan proyek yang didanai oleh universitas
9. Tiket pesawat PP ke Indonesia setiap tahun pada liburan semester genap (summer vacation)
10. Bis kampus
11. Uang ketika pertama kali datang sejumlah 1800 SAR, fasilitas olahraga (kolam renang, gym, lapangan futsal, lapangan badminton, lapangan basket, lapangan voli, tenis meja), dan fasilitas mall yang mempunyai TV layar lebar untuk menonton pertandingan bola (Tambahan informasi dari www.yusufmufti.com)
 
Standar masa waktu studi Master (S2) adalah 5 semester dan untuk studi PhD (S3) adalah 8 semester, namun biasanya akan diberikan toleransi 1 semester tambahan apabila dianggap perlu).

 
Berkas dokumen yang dibutuhkan:
1. Scan paspor

2. Transkrip nilai resmi. Untuk pelamar S2 melampirkan Transkrip Nilai S1 dan untuk pelamar S3 melampirkan Transkrip Nilai S1 dan S2.  Apabila pelamar masih menempuh studi (minimal semester 7) juga dapat mengikuti beasiswa ini, dan dapat meminta transkrip sementara dalam bahasa Inggris untuk diupload (dokumen ijazah dan transkrip resmi bisa disusulkan). Persyaratan IPK minimal 3.00 dari skala 4.00


3. 3 (Tiga) Surat Rekomendasi dari pemberi referensi akademik yang harus disubmit melalui Sistem Rekomendasi Online setelah anda mensubmit Aplikasi Online. Sebelum anda mengisi aplikasi pendaftaran online, siapkan nama dan alamat email dari 3 (Tiga) orang pemberi referensi yang nantinya akan ditanyakan saat pengisian aplikasi. Setelah anda selesai mengisi aplikasi pendaftaran online, pihak KFUPM akan mengirimkan email kepada pemberi referensi anda untuk mengundang mereka mengisi Sistem Rekomendasi Online.


4. Statement of Purpose, berupa 1 halaman essay dari tujuan karir dan penelitian pada KFUPM

5. GMAT (wajib untuk pelamar MBA)
Note: Seluruh dokumen di atas harus menggunakan bahasa Inggris, jika transkrip nilai atau ijazah masih dalam bahasa Indonesia, anda dapat menerjemahkannya dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah.

Scan seluruh berkas dokumen di atas dalam format PDF dengan kapasitas masing-masing file maksimal 2 MB.

Berkas dokumen tidak wajib namun akan dibutuhkan sebelum seleksi akhir:
1. Sertifikat skor TOEFL/IELTS (jika ada)
2. Skor GRE (dibutuhkan untuk pelamar Program Teknik dan Sains) – jika ada
3. Ijazah terakhir (jika telah menerima ijazah pada jenjang sebelumnya)

Berkas dokumen tidak wajib di atas maksudnya aplikasi pendaftaran anda tetap dapat diproses walaupun tidak menyerahkan 3 dokumen di atas, namun pihak universitas dapat meminta 3 dokumen di atas sewaktu-waktu saat tahapan seleksi pendaftaran, sehingga anda juga dapat menyiapkannya dari sekarang.

Untuk pendaftaran, silahkan mengisi aplikasi pendaftaran online pada link berikut: Online Application.

Untuk langkah-langkah pendaftaran online juga dapat anda temukan pada Facebook salah satu murid KFUPM di link berikut: Panduan Singkat Aplikasi di KFUPM.

Batas waktu pendaftaran online untuk Fall Semester (September 2017) adalah sebelum tanggal 22 Februari 2017. Sementara batas waktu penyerahan Surat Rekomendasi melalui sistem online adalah sebelum tanggal 1 Maret 2017. Pengumuman hasil penerima beasiswa akan diinformasikan melalui email atau via website KFUPM.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, anda juga dapat menghubungi pihak KFUPM pada kontak berikut:
King Fahd University of Petroleum & Minerals
Dhahran, 31261, Kingdom of Saudi Arabia,
Phone: +966 (3) 860 0000

Email: info@kfupm.edu.sa
Website: www.kfupm.edu.sa

Informasi beasiswa timur tengah lainnya yang sedang dibuka juga bisa anda baca pada: Beasiswa Penuh S2 & S3 di Timur Tengah oleh Masdar Institute (MIST) dan Beasiswa S2 Studi Islam di Qatar oleh QFIS.

Semoga bermanfaat.Baca Juga:
Beasiswa S2 Lainnya
Beasiswa S3 Lainnya
4 Pilihan Negara Studi Bagi yang Tidak Jago Berbahasa Inggris