beasiswa s2 di swedia, kuliah di swedia umeå university, study abroad, kuliah di luar negeri dengan umeå university scholarships

INDBeasiswa.com – Swedia, sebuah negara di Benua Eropa berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi tinggi yang saat ini banyak dijadikan tujuan kuliah di luar negeri oleh para pelajar internasional. Salah satu universitasnya yaitu Umeå University setiap tahunnya secara rutin menawarkan beberapa jenis beasiswa S2 di Swedia yang dapat anda ikuti. Beasiswa tersebut meliputi tanggungan biaya kuliah baik yang bersifat penuh maupun parsial dan anda dapat memanfaatkan salah satu beasiswa tersebut untuk melanjutkan studi pada berbagai bidang ilmu yang ditawarkan oleh Umeå University.

Ayo Kuliah di Swedia dengan 4 Jenis Beasiswa dari Umeå University

beasiswa-s2-swedia-umea-university copy
Umeå University Scholarships for International Students

Program beasiswa yang ditawarkan oleh Umeå University diantaranya adalah:

1. Umeå University Scholarships

Beasiswa ini disediakan untuk pelamar yang ingin mengambil program Master (S2) di semua jurusan yang terdapat pada Umeå University. Untuk tahun akademik 2016-2017, disediakan 8 s/d 10 beasiswa melalui skema ini.

2. Erling-Persson Scholarship

Beasiswa S2 di Swedia ini ditujukan bagi mahasiswa yang ingin mengambil program S2 di jurusan Kesehatan Masyarakat. Untuk tahun akademik 2016-2017, disediakan 14 s/d 16 beasiswa melalui skema ini.

3. Umeå School of Business and Economics (USBE)

Tawaran beasiswa USBE ditujukan bagi mahasiswa-mahasiswa berbakat yang mendaftar pada salah satu program Master (S2) di Umeå School of Business and Economics. Tersedia 2 beasiswa untuk tahun akademik 2016-2017.

4. Umeå Institute of Design (UID) Scholarship

Bagi pelamar yang berminat untuk melanjutkan studi di salah satu program S2 pada Umeå Institute of Design (UID) dapat mengikuti beasiswa ini. Terdapat sebanyak 4 s/d 6 beasiswa yang disediakan untuk tahun akademik 2016-2017.

Beasiswa yang diberikan berdurasi selama satu tahun dan berlaku selama masa studi di Umeå University. Sebagai catatan, beasiswa tersebut tidak mencakup biaya hidup dan hanya meliputi biaya kuliah baik penuh (full) maupun sebagian (parsial). Proses seleksi berdasarkan nilai akademis dan prestasi para pelamar.

Persyaratan untuk mengikuti beasiswa S2 luar negeri dari Umeå University adalah sebagai berikut:

1. Telah menyelesaikan studi S1 dengan minimal 144 kredit (SKS). Pelamar yang berasal dari Diploma IV, atau memegang gelar Sarjana Sains Terapan (SST) atau Bachelor of Applied Science tidak memenuhi persyaratan untuk mendaftar
2. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Persyaratan kecakapan bahasa Inggris dapat dilihat pada masing-masing jurusan.

Tata Cara Pendaftaran:

1. Pilih terlebih dahulu program Master di Umeå University yang akan anda ambil. Untuk daftar program Master yang tersedia di Umeå University dapat anda lihat pada link berikut: www.umu.se.

2. Lengkapi aplikasi pendaftaran studi melalui website www.universityadmissions.se sebelum tanggal 1 Februari 2016
– Pilih program Master yang telah anda tentukan dari Umeå University dengan cara klik Add (tanda panah). Setelah program tersebut masuk pada menu My Selection (sebelah kanan). Lalu klik To Application. Disini anda akan diarahkan pada laman Log in, jika sebelumnya tidak mempunyai akun di www.universityadmissions.se, maka anda dapat meregistrasikan diri terlebih dahulu dengan memilih menu “Create Account”.
– Nantinya akan terdapat pertanyaan “Do you have a Swedish personal ID number (personnummer)?”, kemudian pilih “NO I don’t have a Swedish personal ID number (personnumer)”. Anda akan diarahkan pada pengisian data-data pribadi. Lengkapi kemudian klik “Create an account”.
– Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman verifikasi. Anda dapat memilih negara Indonesia sebagai jawaban dari pertanyaan “Do you have international qualifications?”, kemudian centang juga pada bagian Application fee. Terakhir klik Submit.
– Sampai pada tahap ini anda telah menyelesaikan aplikasi pendaftaran universitas di Swedia.
– Selanjutnya anda harus men-submit berkas-berkas dokumen yang dibutuhkan secara online kepada University Admissions di Swedia. Berkas dokumen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
a. Scan ijazah asli S1 dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris (dalam menterjemahkan dokumen dapat menggunakan jasa penerjemah tersumpah)
b. Scan transkrip studi/nilai dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris
c. Bukti kecakapan bahasa Inggris
d. Dokumen lainnya yang dibutuhkan oleh Umeå University
e. Copy halaman paspor yang berisi data pribadi dan foto
Scan dokumen harus berwarna dan berformat pdf. Unggah/upload pada laman www.universityadmissions.se/intl/mypages/documents.

3. Selanjutnya untuk mendaftar beasiswa, anda dapat mengakses laman Umeå University Application for Scholarship.

Tanggal Penting:
– 16 Oktober 2015 s/d 15 Januari 2016: Pendaftaran via online di www.universityadmissions.se
– 1 Februari 2016: Batas waktu penerimaan seluruh dokumen akademi yang dibutuhkan
– 15 Maret 2016: Batas waktu aplikasi Umeå University Scholarships
– 29 Maret 2016: Pemberitahuan hasil seleksi
– 14 April 2016: Batas waktu konfirmasi penerimaan beasiswa dari para pelamar

Semoga bermanfaat.
Baca Juga:
6 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Belanda
Daftar Universitas di Jerman yang Menawarkan Bantuan Keuangan 
China Government Scholarship (CGS): Beasiswa Penuh S1, S2, dan S3 di China