studi di turki, kuliah s1, s2, s3 di turki, beasiswa kuliah di turki, studying abroad  

INDBeasiswa.com – Turki merupakan negara yang cukup unik karena berada pada persimpangan dua benua, yaitu Asia dan Eropa. Uniknya terutama terletak pada kota tua Istanbul atau yang sebelumnya disebut dengan Konstantinopel. Kota Istanbul memang dibelah menjadi dua bagian, sebagian wilayahnya terdapat pada bagian Asia Barat Daya, dan sebagian terdapat di daerah Balkan, Eropa Tenggara. Selain keunikan letak geografisnya tersebut, Turki juga dikenal banyak menyimpan koleksi benda bersejarah, mulai dari zaman pra-sejarah hingga kekhalifahan terbesar di dunia Islam, yaitu Utsmaniyah. Namun jangan salah, walaupun kebanyakan penduduk di Turki beragama Islam, banyak juga budaya-budaya Eropa yang sudah merambah di negara ini. Karena itu banyak para pelajar Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan studi di negara Asia dengan suasana Eropa ini.

KULIAH DI TURKI: NEGARA ASIA DENGAN SUASANA EROPA

cara kuliah studi di turki eropa
Kuliah di Turki: Negara Asia dengan Suasana Eropa

Selain faktor-faktor di atas, hal yang menarik para pelajar internasional untuk kuliah di Turki adalah karena negara ini memiliki banyak universitas berkualitas dengan standar internasional. Sebut saja Bogaziçi, ODTÜ, Bilkent, Fatih, KOÇ, Sabancı, dan ITÜ. Secara umum, kualitas program S1 dan S2 yang terdapat di Turki termasuk dalam kategori lima besar dunia pada beberapa jurusan. Jika dirangkum, berikut ini merupakan 5 alasan mengapa mahasiswa internasional lebih memilih Turki menjadi tujuan studi mereka:
1. Terdapat sekitar 100 perguruan tinggi negeri di Turki dimana jumlah mahasiswa internasional di Turki terus meningkat
2. Turki memiliki kualitas pendidikan yang baik di setiap perguruan tinggi negerinya
3. Universitas-universitas di Turki memberikan gelar yang diakui secara internasional dengan biaya kuliah yang cukup terjangkau
4. Mempunyai misi untuk mendukung mahasiswa dengan menyediakan berbagai beasiswa
5. Universitas-universitas di Turki menjamin mahasiswa internasional untuk dapat belajar di lingkungan yang aman dan ramah

Jika anda ingin melanjutkan studi di Turki, anda bisa menempuh beberapa jalan, yaitu dengan biaya sendiri (bagi yang mempunyai cukup biaya) dan beasiswa. Biaya pendidikan di Turki bervariasi, tergantung apakah anda memilih universitas swasta atau yang didanai publik. Di universitas negeri, biaya semesternya dikenakan sekitar 300 USD, sedangkan di universitas swasta biaya kuliahnya dapat mencapai ribuan. Untuk informasi lebih detail mengenai biaya pendidikan dapat anda cari langsung pada institusi yang anda tuju dan berikut ini merupakan beberapa universitas terkenal yang terdapat di Turki (Top 10) sebagai bahan referensi anda dalam menentukan tujuan studi:
1. Middle East Technical University
2. Ankara University
3. Istanbul University
4. Sabanci University
5. Istanbul Technical University
6. Hacettepe University
7. Bilkent University
8. University of Anatolia
9. Bogaziçi University
10. Ege Universit

Nah, jika anda ingin melanjutkan studi di Turki dengan beasiswa, anda dapat mengikuti beasiswa yang rutin diberikan oleh Kementerian Luar Negeri dan Komunitas Turki Republik Turki setiap tahunnya kepada 100 siswa asal Indonesia. Beasiswa Türkiye Bursları atau YTB (Yurtdışı Türkler ve Akraba Topluluklar Başkanlığı) telah mencakup semua biaya, termasuk tanggungan biaya kuliah, uang saku bulanan, tunjangan kesehatan, dan akomodasi. Untuk Informasi Beasiswa Pemerintah Turki selengkapnya, anda dapat mengunjungi Beasiswa Penuh S1, S2, S3 Luar Negeri oleh Pemerintah Turki (YTB) yang telah diulas sebelumnya.

Sebagai tambahan, jika anda berencana untuk melanjutkan studi di Turki, di sana anda bisa tergabung bersama pelajar-pelajar Indonesia lainnya pada organisasi PPI Turki. Untuk informasi lebih lengkap mengenai PPI Turki anda dapat mengakses di ppiturki.org.

Iklim dan Transportasi

Untuk iklim, Turki termasuk negara yang mempunyai empat musim. Musim panas pada bulan Juni s/d Agustus, musim gugur pada bulan September s/d November, musim dingin pada bulan Desember s/d Februari, dan musim semi pada bulan Maret s/d Mei.

Perihal transportasi, Turki mengadopsi sistem negara Eropa yang menggunakan sistem metro bawah tanah dan kereta gantung. Selain sistem transportasinya yang cukup maju, di Turki kita tidak akan menemukan transportasi yang amburadul atau tidak sesuai jadwal. Dari jam 5 pagi hingga jam 11 malam selalu ada kendaraan yang siap. Pada umumnya, masyarakat Turki akan menggunakan Belediye Otobüsü atau bus milik pemerintah sebagai alat transportasi mereka sehari-hari.

Demikian ulasan singkat mengenai kuliah di Turki. Semoga anda yang memiliki keinginan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri bisa mendapatkan bayangan bagaimana kehidupan pendidikan di Turki nantinya.

Semoga bermanfaat.
Baca Juga:
Beasiswa S2 Dalam Negeri oleh PPM School Indonesia
Singapore Scholarship: Beasiswa Penuh S2 di LKY School (NUS) 2016
Informasi Beasiswa Rusia untuk Pelajar Indonesia